Jumat, 16 Februari 2007

Penerapan eGovernment di Tarakan Borneo

. Jumat, 16 Februari 2007

(05 Pebruari 2007) Pemerintah Tarakan terus berbenah diri menuju sistem yang lebih baik, Inpres No 3/2003 tentang Kebijakan Dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government, mengamanatkan setiap Gubernur dan Bupati/Walikota untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangannya masing-masing guna terlaksananya pengembangan e-Government secara nasional.

eGovernment atau pemerintahan berbasis elektronik semakin berperan penting bagi semua pengambil keputusan. Pemerintah Tradisional (traditional government) yang identik dengan paper-based administration mulai ditinggalkan.

Transformasi traditional government menjadi electronic government (eGovernment) di Pemerintahan Kota Tarakan terus ditingkatkan. Hingga saat ini, beberapa lini pemerintahan telah melakukan Transformasi. Salah satunya adalah, bkd.tarakankota.go.id yang berisi informasi tentang kepegawaian Kota Tarakan sebagai G2G, G2C dan bahkan G2B. Demikian pula untuk informasi tentang Legislatif Kota Tarakan, disajikan delam bentuk situs dprd.tarakankota.go.id sehingga dapat dijadikan sarana interaktif dan transparansi informasi dengan masyarakat luas khususnya warga Kota Tarakan.

Demikian pula Informasi Perencanaan Pembangunan Kota Tarakan yang dalam hal ini bappeda.tarakankota.go.id dapat diakses dari seluruh dunia, sehingga dimanapun berada diharapkan informasi tentang Kota Tarakan secara global akan tetap bisa didapatkan.

Melengkapi penyajian Informasi tersebut, Pemerintah Kota Tarakan juga memberikan fasilitas yang tidak kalah pentingnya, yaitu Internet Parking yang lebih dikenal di Kota Tarakan sebagai Netp@rk. Keberadaan Netpark di Tarakan merupakan wujud pelayanan kepada masyarakat, fasilitas hotspot ini diharapkan memudahkan masyarakat mengakses dunia luar tanpa batas dan sebagai pembelajaran terhadap masyarakat sehingga segala informasi yang diinginkan dapat terpenuhi.

Dengan demikian implementasi eGovernment di Tarakan untuk mendukung good government benar-benar dapat terwujud. Dengan terciptanya customer online dan bukan in-line, memberikan pelayanan tanpa adanya intervensi pegawai institusi publik dan sistem antrian yang panjang hanya untuk mendapatkan suatu pelayanan yang sederhana, penggunaan teknologi yang mempermudah masyarakat untuk mengakses informasi dapat mengurangi korupsi dengan cara meningkatkan transparansi dan akuntabilitas lembaga publik, masyarakat dimungkinkan untuk terlibat aktif dalam pengambilan keputusan/kebijakan oleh pemerintah, dapat memperbaiki produktifitas dan efisiensi birokrasi serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Rusly PDE

Penerapan eGovernment di Tarakan
TarakanKota.Go.Id

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com