Kamis, 11 Desember 2008

2009, Tarakan Borneo Bangun City Walk

. Kamis, 11 Desember 2008

TARAKAN-Pada penilaian kinerja pemerintah daerah bidang pekerjaan umum (PKPD-PU) tahun 2008, Tarakan berhasil meraih juara pertama nasional di bidang penataan ruang khususnya ruang terbuka hijau (RTH). Piala dan piagam penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Menteri PU kepada perwakilan Pemkot Tarakan, dalam hal ini diwakili oleh asisten II bidang pembangunan, Sofian Raga pada tanggal 1 Desember lalu.

Atas keberhasilan tersebut, Wali Kota Tarakan Jusuf SK merasa berterima kasih kepada Menteri PU. Selebihnya ia juga meyakinkan bahwa pembangunan yang diimbangi dengan tindakan nyata pelestarian alam tetap akan berlanjut tanpa ada kata berhenti. Buktinya, pada tahun 2009 mendatang, pemerintah kota (Pemkot) Tarakan akan membangun City Walk pada lahan seluas 8 hektare yang berada tepat di samping bandara udara Juwata Tarakan.

“Kami memiliki cukup banyak hutan kota yang di-SK semuanya kemudian ditambah taman-taman kota ditambah lagi kawasan terbuka hijau di samping bandara untuk city walk. Jadi masyarakat, bisa berjalan-jalan diatas lahan seluas kurang lebih 8 hektare. Mudah-mudahan kita anggarkan di tahun 2009, ingatkan saya. City walk hanya berupa tempat terbuka saja, anak muda bisa berjalan-jalan, lansia boleh saja,” jelasnya.

Masih soal kawasan terbuka hijau dalam kaitannya dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, di Pantai Amal sepanjang 2,7 kilometer dengan rata-rata luasan 300 meter ditetapkan sebagai ruang terbuka hijau dimana diatas lahan tersebut tak ada satupun bangunan yang berdiri. Sebab, di lahan tersebut akan ditempatkan sejumlah perlengkapan untuk pejalan kaki dan anak-anak seperti kereta gandeng bertenaga listrik dan lainnya.

“Kita terus berkembang, tak pernah berhenti. Insya Allah di depan anggrek itu, ada kawasan terbuka kurang lebih 40 hektare di tengah-tengah hutan kota tapi dibuat jalan-jalan setapak sudah diprogramkan oleh dinas kehutanan, itu sangat bagus sekaligus mengamankan dari perambahan masyarakat. Untuk masyarakat, riset juga,” tambahnya. (ndy)

Sumber : Radar Tarakan (9 Desember 2008)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com