Kamis, 14 Mei 2009

Pendaftaran Calon Praja IPDN Tarakan Kurang Diminati

. Kamis, 14 Mei 2009

TARAKAN – Pendaftaran calon praja pada Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang dibuka BKD Tarakan (Badan Kepegawaian Daerah Kota Tarakan) sejak Senin lalu (4/5) kurang peminatnya.

Kepala BKD Tarakan Asmuni menyebutkan hingga kemarin saja yang baru mengembalikan berkas baru 12 orang, sedangkan mereka yang telah mengambil formulir tapi belum dikembalikan ada 50-an orang. “Kelihatannya memang agak kurang diminati.

Itu dapat dilihat dari jumlah pendaftar yang masih sedikit,” kata Asmuni kepada Radar Tarakan ditemui di Kantor BKD Rabu (12/5).

Asmuni tak menampik kalau minimnya minat masyarakat masuk IPDN lantaran trauma terhadap aksi tak terpuji yang pernah terjadi pada lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berada di dalam lingkungan Departemen Dalam Negeri (Depdagri). Seperti kasus kekerasan yang diduga kuat menyebabkan meninggalkan beberapa praja, dan kasus foto-foto bugil praja IPDN yang bukan hanya sekali saja terjadi.

“Mungkin ada trauma psikologi pada beberapa orang tua sehingga enggan menyekolahkan anaknya ke IPDN. Tapi sebenarnya hal ini tak perlu dikhawatirkan, bukankah sekarang paradigmanya sudah berubah,” kata pria yang pernah berdinas di lingkungan Sekretariat DPRD Kota Tarakan.

Kemungkinan lainnya, lanjut Asmuni, karena untuk mengikuti beberapa seleksi calon praja IPDN, peserta atau orang tua dibebankan biaya yang tidak sedikit. Seperti biaya transportasi dan pemodokan selama mengikuti seleksi di Samarinda. Begitu pula dengan mengikuti empat seleksi: tes psikologi, tes kesamaptaan, tes kesehatan dan tes potensi akademik juga dikenakan biaya.

“Untuk transportasi dan pemodokan nanti masih dirembugkan dengan para orang tua peserta untuk membicarakan berapa biaya. Kalau biaya seleksi hingga saat ini kami masih menunggu informasi pastinya dari BKD provinsi,” terang Asmuni.

Namun sebagai gambaran tahun lalu, untuk tes kesehatan, peserta putra masing-masing dibebankan Rp 1.033.500 dan putri Rp 1.058.500. Kemudian tes kesamaptaan tiap calon praja dibebankan Rp 150 ribu. Untuk tes psikologi dan potensi akademik Rp 275 ribu per orangnya.

Asmuni menyampaikan, saat ini pihak BKD masih membuka pendaftaran calon praja IPDN. Pendaftaran terakhir pada Jumat (15/5) pukul 16.00 Wita (batas waktu jam kerja pegawai di lingkungan Pemkot Tarakan). Beberapa formulir yang harus diisi bisa diambil di Bagian Rencana Pengembangan (Renbang).

“Untuk pendaftaran tidak kami pungut biaya. Begitu pula dengan formulir, kami sediakan secara cuma-cuma,” tandasnya.

Syarat umum mendaftar calon praja: lulusan SLTA/MA tahun 2006, 2007 dan 2008. Nilai di ijazah rata-rata 7,00. Kemudian syarat fisik yang harus dipenuhi untuk pria tinggi badan minimal 160 centimeter, wanita 155 centimeter.

“Beberapa berkas yang harus dilengkapi seperti SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), surat keterangan belum menikah dari kelurahan, pas foto 3 x 4 hitam putih sebanyak lima lembar, surat keterangan kesehatan dari puskesmas atau rumah sakit,” sebut Asmuni.

Tak hanya itu, ada beberapa formulir yang harus diisi calon praja, di antaranya pernyataan sanggup tidak menikah selama pendidikan dan persetujuan dari orang tua.

“Informasi lebih lengkapnya silakan langsung datang ke BKD,” tegasnya.

Sehari setelah pendaftaran ditutup, lanjut Asmuni, pihak BKD Tarakan langsung menyampaikan berkas-berkas pendaftaran calon praja ke BKD provinsi. Tak ada alokasi kuota untuk masing-masing kabupaten/kota pada penerimaan calon praja IPDN.

“Semua seleksi maupun yang menentukan hasilnya adalah BKD provinsi. Kalau kami (BKD Tarakan) hanya menerima pendaftaran dan menyampaikan berkas-berkas pendaftaran ke provinsi,” jelasnya.

Asmuni menambahkan, tahun lalu dari 20 pendaftar yang mengikuti seleksi, hanya 4 orang yang diterima di IPDN. “Jadi berdasarkan pengalaman tahun lalu seleksinya memang cukup ketat,” pungkasnya.(ris)

Sumber : Radar Tarakan (14 Mei 2009)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com