Kamis, 14 Mei 2009

Tiga Sekolah di Tarakan Lolos ke 10 Besar

. Kamis, 14 Mei 2009

Persiapan yang dilakukan SD 018 sebagai sekolah inti dan SD 002 dan SD 010 sebagai sekolah imbas yang akan berlenggang ke 10 besar lomba gugus SD tingkat nasional semakin mantap. Hal ini dilakukan setelah dinas pendidikan Tarakan mendapatkan informasi lolos masuk 10 besar menyisihkan 27 sekolah yang ada di Indonesia.

“Informasi dari depdiknas (depatemen pendidikan nasional, red) bahwa setelah dilakukan penilaian tahap I untuk penilaian lomba kinerja gugus tingkat SD, bahwa gugus IV mewakili Kalimantan Timur untuk berkompetisi dengan 33 gugus se Indonesia lolos,” tutur Kepala Dinas Pendidikan Tarakan, Firmananur.

Masuk dalam 10 besar menjadikan harapan SD 018 bersama sekolah imbasnya yaitu SD 010 dan 002 yang dipilih untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Untuk penilaian tahap 2 diperkirakan awal Juni untuk menuju ke 6 besar. Dan terakhir final menuju 3 yang menjadi juara. “Saya kira menyikapi hal tersebut dari 10 menuju 6 besar kita melakukan penyempurnaan lagi dan persiapan perbaikan. Untuk itu saya yang akan memimpin langsung bersama teman-teman di lapangan untuk menyiapkan segala sesuatu termasuk kelengkapan dokumen dan sebagainya,” paparnya.

Ia menambahkan bahwa di organisasi manapun untuk dokumen perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi menjadi bukti fisik. “Karena itu yang berkaitan dengan menajemen sekolah, kelompok kerja guru (KKG), dan berbagai hal lainnya itu yang semakin kita lengkapi,” ujarnya.

Dari hasil penilaian tahap pertama, baik pihak sekolah maupun dinas pendidikan melakukan intropeksi dari hasil-hasil yang dinilai untuk lebih sempurna lagi. “Akan tetapi tidak hanya bekerja sendiri di setiap sekolah baik sekolah inti dan sekolah imbas dalam gugus tersebut. Tetapi kinerja gugus yang terdiri dari sekolah inti dan sekolah imbas bekerjasama. Justru keberhasilan di sekolah inti ini yang harusnya bisa diikuti oleh sekolah imbas yang menjadi salah satu konsep di lomba ini,” tambahnya.

Namun tidak hanya kelengkapan dokumen saja tetapi juga kebersihan lingkungan dan sekolah menjadi salah satu pendukung. “Dalam penilaian tahap pertama kemarin memang diakui secara fisik yaitu sarana dan prasaran kita sudah mendapat nilai cukup tinggi,” tutur Direktur SD 018 Karang Rejo, Umar Abdullah. Apalagi sekolah tersebut juga menjadikan salah satu misi mereka yaitu sekolah yang berwawasan lingkungan hidup.(fla)

Sumber : Radar Tarakan Borneo (14 Mei 2009)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com