Minggu, 14 Juni 2009

Pemkot Tarakan Maksimalkan Momen Sail Bunaken

. Minggu, 14 Juni 2009

Buka Entry Point untuk Pariwisata Bahari Internasional

TARAKAN - Memanfaatkan momen pelaksanaan Sail Bunaken 2009, khususnya Yacht Rally yang akan singgah di Tarakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan pun bersiap dengan segala sesuatu yang dibutuhkan namun tetap dalam batas kewajaran atau alamiah.

Wakil Wali Kota Tarakan, Suhardjo Trianto menyebutkan salah satu bentuk keseriusan Pemkot Tarakan adalah telah dilakukannya sejumlah rapat koordinasi dan pembentukan panitia lokal untuk menyukseskan kegiatan tahunan ini. “Kita juga sudah mengadakan rapat untuk persiapan penyambutan Yacht Rally tersebut, yang rencananya akan berlabuh di perairan Juata Laut pada titik labuh yang sudah ditetapkan,” tandasnya.

Berdasarkan jadwal tentatif, kedatangan para wisatawan yang diperkirakan telah berumur tersebut ke Tarakan pada tanggal 7-8 Agustus. Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh panitia nasional, kemungkinan besar kegiatan yang sifatnya seremonial formal bakalan tak digelar.

“Kita wajib mendukungnya, dan bekerja sebaik mungkin untuk menarik sejumlah manfaat bagi kita (Tarakan, Red.). Baik dari sisi pendapatan daerah, pengembangan ekonomi dan pariwisata, nama baik kota dan pengembangan ekonomi kerakyatan,” ujarnya.

Suhardjo juga memastikan, dengan ditetapkannya Tarakan sebagai salah satu entry point bagi pelayaran wisata internasional, secara langsung akan memberikan kebangaan tersendiri bagi Tarakan juga Indonesia. “Ya, kita tangkap multiefek yang ditimbulkan dengan baik,” sebutnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Tarakan, Syahrintan pun merasa jenis budaya dan sajian yang akan ditawarkan oleh Tarakan tak muluk-muluk. Salah satu yang paling diandalkan adalah adanya pasar tradisional dadakan dan sajian budaya Tarakan.

“Alamiah dan murah. Tapi, kalau mereka mau jalan-jalan, Pemkot siap memfasilitasi. Yang terpenting, perputaran ekonomi di wilayah utara Tarakan itu dapat berkembang,” jelasnya.

Sementara itu, Heri Satrio Utomo, staf Ditjen P2SDKP menyebutkan pada kegiatan kali ini berujung pada promosi wisata bahari Indonesia dan menggalang Seaman Brotherhood.

“Manfaat yang diperoleh pun banyak sekali, utamanya bagi daerah-daerah yang disinggahi. Yang paling menarik, para tamu asing ini tak membutuhkan acara formal, cukup yang sederhana dan alamiah saja,” tandasnya.(ndy)

Sumber : Radar Tarakan (14 Juni 2009)

Wisata SEO Sadau Kontes SEO Aristia Wida Rukmi

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com