Minggu, 21 Juni 2009

Puskesmas Gunung Lingkas Siap Beroperasi Nonstop 24 Jam

. Minggu, 21 Juni 2009

Puskesmas Gunung Lingkas Tarakan Siap Beroperasi Nonstop 24 JamTARAKAN - Sebagai salah satu ikon Kaltim, khususnya di bidang pelayanan kesehatan, Puskesmas Gunung Lingkas setelah memiliki gedung baru pun wajib mendukung sejumlah program yang dicanangkan oleh Pemprov Kaltim. Di antaranya pelayanan 24 jam non stop.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tarakan, Khairul menyebutkan, pihaknya dan Puskesmas Gunung Lingkas siap memenuhi tanggung jawab tersebut. Hanya saja, yang menjadi sedikit ganjalan adalah formalitas pengoperasian gedung baru Puskesmas Gunung Lingkas yang terus molor dari jadwal yang diharapkan, bulan ini.

“Pada prinsipnya, gubernur sudah menyatakan kesiapannya untuk meresmikan penggunaannya. Hal ini juga dinyatakan oleh Dinkes Provinsi dan protokoler gubernur, kini masalahnya hanya waktu saja kok,” tandasnya.

Khairul memastikan, pihak Pemprov Kaltim juga tengah mencari waktu yang tepat untuk meresmikan pengoperasian gedung baru Puskesmas Gunung Lingkas. Begitu pula halnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan yang terus melakukan koordinasi untuk memastikan waktu peresmian pengoperasian gedung baru Puskesmas Gunung Lingkas.

“Awalnya, direncanakan tanggal 24 Juni ini bersamaan dengan acara serah terima aset Universitas Borneo (UB). Tapi, pihak Pemprov Kaltim menginformasikan kemungkinan Pak Gubernur tak datang karena berbarengan dengan acara lain di Jakarta,” jelasnya.

Senada dengan itu, Wali Kota Tarakan Udin Hianggio pun membenarkan bahwa kendala waktu menjadi permasalahan dalam percepatan pengoperasian secara resmi gedung baru Puskesmas Gunung Lingkas.

“Kami menunggu waktu yang tepat dari Pak Gubernur untuk meresmikannya. Saya juga meminta Kepala Dinkes untuk menyurati Pemprov Kaltim mengenai jadwal yang bisa dimanfaatkan untuk peresmian ini,” terang Udin kepada wartawan harian ini, kemarin.

Awalnya, kata Udin peresmian penggunaan gedung baru Puskesmas Gunung Lingkas bersamaan dengan penyerahan aset UB. Namun, karena Gubernur Kaltim tak dapat hadir maka peresmian disesuaikan dengan jadwal yang tersedia.

“Secara fisik sudah siap, tapi masih ada beberapa hal yang harus disempurnakan,” tambahnya.

BAKAL DILENGKAPI POLI SPESIALISTIK

Sarana dan prasarana Puskesmas Gunung Lingkas yang baru, jauh lebih lengkap dan mumpuni dari keberadaan sebelumnya. Ini tampak dari kesiapan sejumlah peralatan medis yang cukup canggih, ditambah ruangan dan sumber daya manusia (SDM) yang memadai. Kepala Dinkes Tarakan, Khairul menyebutkan, dalam mendukung pelayanan UGD 24 jam, Puskesmas ini dilengkapi dengan instalasi radiology yang memadai dan tenaga SDM yang dapat dihandalkan.

“Ini sebenarnya sudah siap dari awal, hanya pindah lokasi saja. Begitu pula dengan SDM-nya. Setidaknya, disini ada 30 personil,” tandasnya.

Puskesmas yang dirancang mirip mini rumah sakit ini, direncanakan memiliki 2 kamar rawat inap dengan total tempat tidur 8 unit. Selain itu, juga ada jenis pelayanan kesehatan lainnya seperti persalinan, poli umum, anak dan gigi.

“Juga ada klinik VCT dan perlengkapan laboratorium yang cukup dapat dihandalkan,” jelasnya.

Dia juga memastikan, tatkala telah beroperasi optimal, Puskesmas ini akan segera dilengkapi dengan pelayanan kesehatan yang jauh lebih spesifik. Dari itu, akan disediakan sejumlah poli-poli spesialistik beserta tenaga medis yang memiliki keahlian khusus tersebut. Prinsip pelayanannya diharapkan mampu menjadi tempat rujukan awal bagi pasien, sebelum dirujuk ke rumah sakit.

“Sasarannya juga nyambung dengan program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang masih dibicarakan pelaksanaannya,” terang Khairul kepada wartawan harian ini, kemarin.

Terkait rencana pelayanan poli spesialistik, SDM-nya juga didapatkan dari sejumlah staf Dinkes Tarakan yang saat ini sedang menempuh program pendidikan kedokteran khusus di sejumlah universitas.

“Untuk sementara, hanya pelayanan standar yang dilakukan Puskesmas Gunung Lingkas ini dan masih bekerjasama dengan pihak RSU di Tarakan,” tambahnya.(ndy)

Sumber : Radar Tarakan (21 Juni 2009)

Wisata SEO Sadau Kontes SEO Aristia Wida Rukmi

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com