Senin, 27 Juli 2009

25 Kapal Layar Singgahi Tarakan

. Senin, 27 Juli 2009

TARAKAN, RABU - Untuk menyambut kedatangan peserta Lomba Kapal Layar atau Yacht Rally Sail Bunaken 2009, yang akan singgah di Pelabuhan Feri Juata Laut, pada 7-8 Agustus mendatang, berbagai persiapan dilakukan. Salah satunya persiapan yang dilakukan TNI AL.

Kedatangan peserta lomba kapal layar yang singgah di Tarakan ini mengundang TNI AL melakukan pemantauan melalui radar di Pantai Amal. Pemantauan ini untuk melihat apakah kapal layar tersebut telah memasuki perairan Tarakan. Tak hanya itu kedatangan kapal-kapal itu disambut kapal milik TNI AL, kepolisian dan Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP).

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tarakan, Letkol Laut Bambang Irwanto mengatakan, kedatangan 25 kapal layar yang akan singgah di Tarakan, disambut oleh kapal milik DKP yaitu Hiu 002 dan 007, dan dibantu kapal dari angkatan laut dan kepolisian.

"Dua kapal milik DKP ini akan menggaet kapal-kapal layar ini, dan tentunya akan dibantu dua kapal kepolisian dan angkatan laut. Kapal-kapal ini akan digiring hingga ke Juata. Rencananya mereka akan dijemput tanggal 7 Agustus," ucapnya.

Bambang mengatakan, selama kapal layar ini berada di Juata, lokasi di pelabuhan Juata akan disterilkan atau diamankan oleh petugas. Sehingga dengan ini, kapal-kapal nelayan yang melewati di derah tersebut dilarang masuk ataupun mendekati.

"Mereka boleh saja masuk, namun tidak boleh melintasi ataupun mendekati di area Yacht Rally. Artinya kami meminta kepada kapal nelayan untuk tidak berbelok di sisi laut, yaitu sekitar 2x2 sampai 3x3 mil. Yang penting tidak melewati celah-celah antara kapal layar," ujarnya.

Berkaitan dengan kedatangan peserta lomba, rencananya pihak AL akan melakukan sosialisasi kepada kapal nelayan dan kapal lainnya yang sering melintasi di jalur tersebut. "Kami melakukan ini agar nelayan dan kapal lainnya tahu, sehingga mereka dapat beraktivitas seperti biasa," katanya.

Daerah steril ini akan diberlakukan mulai 6 - 10 Agustus mendatang, sampai kapal-kapal layar ini keluar dari Tarakan dan menuju Bintung- Bunaken. Daerah steril tentunya akan dijaga petugas pengamanan, dari TNI AL, AD, AU dan kepolisian. (jnh)

Sumber : Tribun Kaltim (22 Juli 2009)

Wisata SEO Sadau Kontes SEO Aristia Wida Rukmi

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com