Sabtu, 13 Februari 2010

Adipura Bukan Tujuan Pemkot Tarakan

. Sabtu, 13 Februari 2010

Borneo – Raihan piala Adipura yang sudah diraih Kota Tarakan sejak beberapa tahun belakangan ternyata masih jauh dibawah nilai dari Kota Bontang, atau lebih mirisnya, Tarakan berada pada urutan di level bawah pada kriteria kota sedang peraih piala Adipura.

“Berdasarkan perkembangan dari tahun ketahun, posisi Tarakan sejak 2 tahun terakhir ini masih dibawah kota Bontang. Kemudian kalau ditingkat nasional, Tarakan berada pada urutan yang agak bawah walaupun kita memang sudah mendapat Adipura,” ujar Ir Subono MT, Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Tarakan.

Diraihnya Piala Adipura oleh suatu kota merupakan indikator kondisi fisik lingkungan pada kota tersebut dinilai bersih dan memberi kesejukan pada warganya. Selain itu juga sebagai keberhasilan indikator pengelolaan lingkungan perkotaan (non-fisik), yang meliputi institusi, manajemen, dan daya tanggap.

Meski Pemkot terus berusaha mengejar hal tersebut, namun kata Subono, Pemkot tidak menjadikan upaya untuk meraih Piala Adipura tersebut sebagai tujuan Pemkot. “Kita berupaya untuk selalu menjaga kebersihan dan kesejukan kota bukan untuk Adipura, melainkan berupaya untuk memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada warga masyarakat di kota ini dibanding layanan di kota-kota lainnya,” kata Subono.

“Adipura itu hanya salah satu hasil sampingan, juga sebagai alat kita untuk mengetahui kebersihan, keindahan atau keteduhan kota dibandingkan dari kota-kota lain. Tetapi tujuan utamanya adalah memberikan pelayanan dibidang kebersihan dan keteduhan kota bagi seluruh masyarakat kota Tarakan,” ulangnya.

Dikatakannya, beberapa waktu lalu, Tarakan dikunjungi tim survei Adipura, dari kunjungan tersebut, raihan kebersihan di kota ini terbilang cukup baik, yakni dibawah 70. “Artinya dari segi pengelolaan kebersihan, kita masih cukup. Namun kini kita harus terus bekerja keras apalagi saat ini semakin banyak bermunculan para pedagang kaki lima di trotoar-trotoar jalan raya, akibat musim buah,” sebutnya.

Dari kondisi sekarang ini, Subono mengharapkan kiranya seluruh warga Tarakan dapat menjaga kondisi kebersihan di kota ini. “Ya, tujuannya bukan untuk Adipura, tetapi bagaimana kita bisa memberikan keindahan pada kota ini. Sehingga membiasakan kita pada kehidupan yang sehat,” tutur Subono. (*/sur)

Sumber : Radar Tarakan (13 Februari 2010)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com