Kamis, 11 Februari 2010

Tim Barongsai Tarakan Bakal Tampil di Malaysia

. Kamis, 11 Februari 2010

TARAKAN – Tim Barongsai Tarakan kembali mendapat kesempatan tampil di luar negeri. Tim barongsai yang tergabung dalam Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Tarakan akan mengisi pertunjukan bersama di Kuala Lumpur, ibukota Malaysia.

“Bisa dikatakan di sana kita belajar, adu ketangkasan, dan melihat secara langsung teknik dan penguasaan dari tim barongsai Malaysia,” kata Hengdy Leonardo, sekretaris Tim Barongsai PSMTI kepada Radar Tarakan, Rabu (10/2).

Berbagai persiapan dilakukan menjelang kunjungan ke Kuala Lumpur pada 17-27 Februari. Salah satunya menyangkut kesiapan fisik pemain dan rasa percaya diri. Sebab, Tim Barongsai PSMTI bertekad tampil dengan performance terbaik pada pertunjukan nanti. “Kami melakukan latihan 5 kali dalam seminggu,” sebutnya.

Hengdy menyebutkan, selama 10 hari di Negara Jiran, mereka juga akan mempelajari teknik permainan, variasi hingga penguasaan tim Malaysia. “Jadi ini semacam studi banding,” tandasnya.

Ia menilai, tim barongsai luar negeri seperti Malaysia memiliki kemampuan yang lebih baik jika dibanding dengan Indonesia. Walau demikian, tim barongsai Tarakan juga tak bisa dipandang sebelah mata. Mengingat deretan prestasi telah diraihnya mulai even berskala nasional hingga internasional.

“Ini dibuktikan dari kemenangan yang didapatkan setiap kejuaraan tingkat nasional maupun internasional,” ujar Hengdy Leonardo.

Ia juga mengatakan, selama kunjungan di Malaysia juga akan dimanfaatkan tim Barongsai PSMTI Tarakan untuk mempromosikan kebudayaan dan potensi pariwisata di Tarakan. Hengdy mengaku, saat ini sedang berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora).

“Kami sedang berkoordinasi agar didesainkan kostum adat Tidung yang akan digunakan pada pertunjukan di Malaysia nanti. Jadi orang Malaysia tahu pakaian adat khas Tarakan,” jelasnya.

Hengdy menambahkan, lawatan ke Kuala Lumpur akan mengutus dua tim. Tim B terdiri dari Ongko Ferdian (pemain depan) dan Ade Irawan (pemain belakang). Dan tim C: Candra (pemain depan) dan Wili (pemain belakang).

“Pemain tambor Ferdian dan Candra, sedangkan alat musik dilakukan secara bergilir kedua tim,” pungkas Hengdy Leonardo.(*/muz)

Sumber : Radar Tarakan (11 Februari 2010) Borneo

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com