Kamis, 04 Maret 2010

Siapkan Bandara Juwata Tarakan Jadi Ikon Kaltara

. Kamis, 04 Maret 2010

BORNEO - Bandara Juwata Tarakan sebagai satu-satunya bandara internasional kelas 1 khusus di utara Kaltim terus berbenah. Kemarin (2/3), sesaat setelah mendarat di Bandara Juwata, Wakil Wali Kota (Wawali) Tarakan Suhardjo Trianto didampingi Kepala Bandara Juwata H. Husni Djau SE MM sempat meninjau beberapa fasilitas yang ada. Seperti ruang VIP, ruang VVIP (lounge), terminal keberangkatan dan perkantoran bandara.

Menurut Suhardjo, dengan kemajuan pembangunan yang cukup pesat di Bandara Juwata, tidak menutup kemungkinan bandara terbesar di utara Kaltim ini akan menjadi ikon di Kaltara, bahkan di Kaltim. “Saya yakin ke depan bandara ini akan lebih baik,” kata Wawali Suhardjo Trianto.

Mengenai status bandara internasional kelas 1 khusus yang disandang Bandara Juwata saat ini, menurut Suhardjo perlu dilakukan penyesuaian dengan statusnya sebagai bandara internasional.

“Namanya bandara internasional arahnya pasti keluar negeri, paling tidak ada standard minimalnya terutama dari sisi pelayanan,” kata Suhardjo.

Namun yang penting sekarang, sambung wawali, adalah bagaimana pemerintah kota bersama Departemen Perhubungan bisa memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada masyarakat yang menggunakan jasa penerbangan udara. Untuk mendukung pesatnya pembangunan di Bandara Juwata, Suhardjo memastikan pemerintah kota melalui APBD kota akan mendukung pembangunannya.

“Tentunya ada support dari pemerintah daerah, baik berupa anggaran maupun moril untuk mendukung pembangunan bandara,” katanya.

Salah satu pembangunan infrastruktur bandara yang akan didukung melalui APBD adalah pembangunan terminal cargo. “Justru kalau bisa yang bangun terminal cargo itu adalah pemerintah daerah. Sementara untuk pembangunan runway, apron dan terminal penumpang dibebankan ke APBN melalui Departemen Perhubungan karena itu instansi vertikal,” katanya.

Menanggapi hal ini, Kepala Bandara Juwata H. Husni Djau mengatakan, guna mendukung bandara Juwata menjadi bandara internasional, selain melakukan pembangunan di bidang fisik dan infrastruktur, Bandara Juwata juga terus melengkapi kemampuan sumber daya manusianya.

“Kita upayakan tiga tahun ke depan kita tingkatkan kinerjanya,” kata Husni, kemarin.

Yang pertama menjadi perhatian Husni Djau adalah bagaimana agar bandara Juwata ini menjadi lebih bersih dari sebelumnya. “Setelah bersih kita tingkatkan ke asri atau indah,” sebutnya.

Menurut Husni Djau, pembangunan di Bandara Juwata itu belum apa-apa karena masih banyak yang harus dilakukan pembenahan. “Insya Allah dalam waktu dekat kita sudah ada jalur penerbangan Malaysia Airlines yang akan menerbangi Tarakan-Tawau-Sandakan sampai Kinabalu,” ujar Husni. Dengan harapan, jalur penerbangan dari Tarakan menuju Malaysia ini, bisa membuka jalur-jalur penerbangan internasional lainnya. “Kalau sudah ke Malaysia, tentu bisa melanjutkan penerbangan ke Singapura atau negara lainnya,” bangganya.(ddq)

Sumber : Radar Tarakan (3 Maret 2010) Borneo

Blog Borneo ini Mendukung Terbentuknya Provinsi Kalimantan Utara (KALTARA) di Borneo Indonesia ~ Bulungan, Malinau, Nunukan, Tarakan, dan Tanah Tidung Bersatu Menuju Kalimantan Utara. KALTARA Solusi Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Bagian Utara Kalimantan serta Mengatasi Perbatasan dan Kedaulatan RI Demi Indonesia Yang Lebih Baik. KALTARA YES !

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com