Minggu, 20 Juni 2010

Universitas Borneo Tarakan Siap Jadi PTN

. Minggu, 20 Juni 2010

Proses pengubahan status Universitas Borneo Tarakan (UBT) menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pertama di utara Kalimantan Timur (Kaltim) akan ditentukan Selasa (22/6) mendatang. Saat itu, manajemen UBT beserta 4 perguruan tinggi lainnya yang akan dinegerikan akan menggelar presentasi akhir di hadapan sejumlah pejabat terkait yang membidangi di Kementerian Negera Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemeneg PAN). Sebelumnya, Senin (21/6) manajemen UBT akan menggelar acara serupa di Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).

Wakil Rektor I bidang akademik, Prof Dr M Bahri Arifin menyebutkan jika memang presentasi di dua kementerian tersebut adalah akhir dari upaya meyakinkan pihak terkait bahwa UBT layak menjadi PTN, maka tinggal langkah-langkah persiapan internal saja yang butuh dilakukan. Lantaran, upaya pendekatan lainnya sudah jauh hari dilakukan.

“Ini dilakukan lantaran adanya perubahan perundangan terkait badan hukum pendidikan (BHP) menjadi PTN kembali. Saya kira presentasi di Kemeneg PAN itu memanglah presentasi akhir,” ucap Bahri kemarin (19/6).

Apakah ada pintu untuk meraih status PTN sudah terlihat jelas ? Menjawab hal ini, Bahri meyakini hal tersebut sangat jelas terlihat. Salah satunya adalah terbukanya peluang bagi UBT untuk menambah program studi baru untuk menambah varian dari prodi yang ada saat ini. Dan, penambahan tersebut katanya, disesuaikan dengan presentase potensi minat calon mahasiswa terhadap sebuah prodi. “Selama ini, potensi mahasiswa menjurus pada dua prodi, keperawatan dan keguruan. Dua prodi ini memiliki lebih dari 50 persen minat mahasiswa baru,” ujarnya.

Yang bakal dikembangkan menjadi prodi baru adalah keperawatan. Saat ini, keperawatan secara kelembagaan telah menjadi Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) setelah Akademi Keperawatan (Akper) Pemkot Tarakan dilebur menjadi satu bagian dari UBT. FIK terdiri dari dua prodi, yakni Diploma III Keperawatan dan Diploma III Kebidanan. “Nah, agar kelembagaan FIK ini utuh maka harus dibuat prodi yang Strata Satu (S1). Juga terkait dukungan kelengkapan prodi saat UBT menjadi PTN,” tandasnya. (ndy/kpnn)

Sumber : KaltimPost (20 Juni 2010) Borneo

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com