Rabu, 25 Agustus 2010

Pulau Sadau Mau Dijadikan Wisata Bahari

. Rabu, 25 Agustus 2010

Akan Bangun Jembatan Tarakan-Pulau Sadau

Pulau Sadau Mau Dijadikan Wisata BahariTARAKAN - Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Kota Tarakan Muhammad Idrus mengatakan, banyak konsep pariwisata yang masih dapat digali di Kota Tarakan. Tidak terkecuali di Pulau Sadau. Namun, seperti apa konsep secara gamblangnya, baru akan dipaparkan Disbudparpora setelah lebaran kepada kepala daerah dan DPRD.

“Kami sudah membuat program penggalian potensi wisata yang masih menjanjikan. Dengan perencanaan, yang ada sekarang akan dikembangkan dan kami akan menggali yang lain. Itu yang akan kita upayakan,” kata Idrus kepada wartawan, kemarin. Menurutnya, Kota Tarakan memiliki kualitas wisata yang baik yang cukup besar dan menjanjikan, namun sayang itu semua belum tergali dengan maksimal. “Sehingga kami akan membuat paparan penggalian potensi wisata, multi tema di Tarakan,” ujarnya.

Khusus untuk Pulau Sadau, tambahnya, sebenarnya sudah diperdakan untuk dijadikan kawasan wisata. Bahkan, Disbudparpora memiliki perencanaan untuk menjadikan Pulau Sadau sebagai pulau wisata dengan konsep wisata bahari, wisata nelayan tradisional dan wisata maritim. “Nantinya disana ada rumah-rumah nelayan tradisional, perahu, alat tangkap bahkan restoran nelayan tradisional. Semua serba tradisional sehingga nanti kita akan melihat pulau khusus tradisional dan wisatawan pun dapat menggunakan langsung fasilitas tradisional yang ada disana,” jelasnya.

Termasuk jika ada wisatawan dari luar negeri, mereka bisa menginap seminggu bahkan lebih di pulau tersebut. Meski begitu, pihaknya tetap tidak akan menghilangkan mata pencaharian utama warga pulau Sadau sebagai nelayan. “Kami sifatnya hanya membantu membuatkan prasarana penunjang mereka,” tandas Idrus.

Untuk perencanaan, pihak Disbudparpora akan bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR). “Karena PU akan membuat jembatan penyeberangan Tarakan-Pulau Sadau dari Juata. Dan nantinya akan berkembang sampai ke Bulungan,” ungkapnya.

Konsep pulau tersebut, sama dengan Pulau Sentosa di Singapura yang memiliki ikon patung Singa. Sehingga tidak menutup kemungkinan, akan dibangun patung di Pulau Sadau yang akan menjadi ikon ciri khas Tarakan. “Kami dari pariwisata hanya memaparkan konsepnya saja, semuanya ada di tangan pengambil keputusan. Kalau memang mau dibiayai cepat tentu akan ada perubahan, kalau tidak kita serahkan ke pengambil kebijakan saja,” pungkasnya.(ddq)

Sumber: RadarTarakan (24 Agustus 2010) Borneo

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com