Rabu, 20 Oktober 2010

Rombongan Vietnam ke Tarakan Pelajari Kehutanan

. Rabu, 20 Oktober 2010

Rombongan Vietnam ke Tarakan Pelajari Kehutanan - Kaltim BorneoTARAKAN - Tarakan kedatangan tamu istimewa dari Vietman. Rombongan yang berjumlah 22 orang tersebut sengaja ke kota ini untuk belajar tentang kehutanan.

“Mereka juga ingin mengetahui bagaimana caranya mendapatkan sertifikasi. Karena depannya Vietnam berkeinginan menjadi negara yang memiliki pengelolaan hutan yang lestari,” kata Roslin, perwakilan dari Kementerian Kehutanan RI bidang Kerjasama Luar Negeri.

Pada dasarnya, kata Roslin, rombongan asal Vietnam ini berkeinginan besar untuk belajar bagaimana Kota Tarakan mengelola hutan secara lestari. Satu-satunya perusahaan yang dituju adalah PT Intracawood Manufacturing sebagai salah satu contoh yang sudah mendapatkan sertifikasi untuk pengelolaan hutannya.

Menurut Roslin, sertifikasi pengelolaan hutan ini memang penting. Pasalnya, di negara-negara importir seperti Amerika dan negara di Eropa lainnya, sangat mengutamakan produk kayu hasil hutan yang besertifikasi dan dikelola secara baik.

“Sekarang memang belum, tapi untuk ke depannya akan diperlukan persyaratan sertifikasi tersebut, bahwa kayu yang diterima adalah kayu yang sudah besertifikasi,” katanya.

Tentunya dengan tujuan agar kayu yang dikirim tersebut tidak bermasalah karena negara-negara maju menginginkan hutan dikelola secara baik dan benar.(ddq)

Sumber: RadarTarakan (20 Oktober 2010) Borneo

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com