Minggu, 21 November 2010

Presiden Akan Resmikan Universitas Borneo Jadi Negeri

. Minggu, 21 November 2010

Presiden Akan Resmikan Universitas Borneo Tarakan Jadi NegeriPresiden Akan Resmikan UB Jadi Negeri di Jayapura – Sempat tertunda beberapa kali lantaran kendala administrasi, perubahan status Universitas Borneo (UB) Tarakan menjadi perguruan tinggi negeri segera terealisasi.

Sekretaris Kota (Sekkot) Tarakan Badrun mengungkapkan, pihaknya telah menerima undangan berisi jadwal peresmian penegerian UB Tarakan bersama dua universitas lainnya, yakni Universitas Musamus (Merauke) dan Universitas Bangka Belitung (Pangkal Pinang) pada 22 November nanti.

“Peresmian ketiga universitas ini sekaligus dikaitkan dengan agenda kerja Presiden SBY yang melakukan kunjungan ke Universitas Cinderawasih di Jayapura, Papua,” kata Badrun.

Terkait peresmian tersebut, kata Badrun, tentu akan mengacu kepada peraturan presiden, dan di dalamnya belum ada perubahan nama. “Dalam nomenklaturnya jelas Universitas Borneo Tarakan,” tandasnya.

Meski begitu, sambung Badrun, dari aspek manajemen tentu pemerintah kota masih akan mengacu kepada ketentuan yang berlaku sesuai universitas negeri lainnya. Salah satunya dari segi anggaran.

“Otomatis beban pemerintah daerah dari APBD akan beralih ke APBN. Insya Allah 2011, namun untuk masa transisi, sesuai instruksi dari Menteri Pendidikan Nasional agar pemerintah daerah tetap mengawal transisi sampai pada kondisi alih manajemen secara total dapat dilaksanakan,” ungkapnya.

Untuk tahun anggaran 2011, pemerintah daerah memang masih akan memberikan kucuran anggaran melalui APBD kepada Universitas Borneo.

“Jangan sampai APBN belum menganggarkan, sementara APBD juga tidak menganggarkan, karena bisa menyebabkan kevakuman. Yang penting tidak double account. APBD diharapkan tetap dapat memback up, baik APBD provinsi maupun APBD kota,” jelas dia.

Lainnya, tentu untuk pegawai, karyawan, staf, tenaga pengajar, peralatan, aset dan sebagainya langsung segera dirinci dan diurai secara tegas. Agar dalam neraca ada pemisahan. “Secara administrasi memang sudah ditempuh, namun tindak lanjutnya akan ada penyerahan secara resmi,” akunya.

Di Tarakan sendiri, pada saat peresmian dilakukan di Papua, juga akan dilakukan acara seremonial.

“Seremonial sedang disiapkan di UB, dalam waktu yang bersamaan saat presiden meresmikan Universitas Cenderawasih, di UB juga dilakukan acara secara simultan melalui teleconference,” pungkas Badrun, kemarin.(ddq)

Sumber: radartarakan (18 November 2010) Borneo

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com