Jumat, 27 Mei 2011

Kementerian Kehutanan Pilih Tarakan Jadi Tuan Rumah Expo Kehutanan 2011

. Jumat, 27 Mei 2011

TARAKAN - Kementerian Kehutanan RI memilih Kota Tarakan sebagai tuan rumah pelaksanaan Expo Kehutanan untuk tahun 2011. Menurut Kasubid analisis berita dan publikasi pusat humas Kementerian Kehutanan, Teguh Priyo, pelaksanaan Expo Kehutanan ini merupakan bagian dari bentuk kegiatan pembangunan kehutanan yang dilakukan kementerian kehutanan bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Kota Tarakan.

Dalam kegiatan expo yang akan dilaksanakan 27-29 Mei di Grand Tarakan Mall (GTM) tersebut, Kementerian Kehutanan akan melibatkan seluruh instansi kehutanan yang berada di Kaltim. Di antaranya Balai Taman Nasional Kayan Mentarang, Balai Pengelolaan Gas Mahakam Berau (Samarinda), Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Kaltim (Samarinda), Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim, Balai Pemanfaatan dan Pemantauan Hasil Hutan Produksi (BP2HP) Samarinda, WWF (World Wide Fund for Nature). Selain itu, dalam pameran tersebut juga akan melibatkan beberapa instansi pemerintah kota, seperti BPLH dan Disbudparpora (Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga). Termasuk juga beberapa perusahaan perkayuan yang menjadi mitra kerja pemerintah akan terlibat dalam expo tersebut.

“Dalam program ini kami memang berkeliling sekali dalam setahun dengan tuan rumah bergantian dari seluruh kabupaten kota di Indonesia,” kata Teguh Priyo.

Menurutnya, Kota Tarakan memang memiliki penilaian poin yang baik sehingga meyakinkan pihak Kementerian Kehutanan untuk menunjuk Tarakan sebagai tuan rumah expo tahun ini. “Di Jakarta kami melihat beberapa potensi kehutanan sangat baik disini. Tarakan memiliki hutan mangrove yang sangat baik, selain hutan mangrove Bali yang cukup terkenal,” ujar Teguh.

Selain itu, di beberapa lokasi pesisir di Tarakan juga dinilai berhasil dalam mempertahankan hutan mangrove alaminya, terutama di sisi barat pulau Kalimantan.

Dalam kegiatan pameran yang rencananya akan dibuka secara resmi pada Jumat (27/5) malam di Grand Tarakan Mall sekitar pukul 18.30 WITA ini, akan dilakukan pameran program-program kehutanan dengan tema Internasional Hutan tahun 2011, dan tema expo “Hutan untuk Kemakmuran Rakyat”.

“Rencananya Kayan Mentarang akan menggelar pameran foto-foto hasil penelitian di Kayan Mentarang. Seru deh,” cetusnya.

Selain menggelar pameran, Kementerian Kehutanan juga akan menggelar talk show, yang akan dilaksanakan setiap hari selama pameran berlangsung. Pada hari Jumat besok, talkshow pertama dengan tema Rehabilitasi Lahan dan Perbaikan Lingkungan akan dimulai pukul tujuh malam di GTM.

Khusus talk show ini, Dinas Kehutanan akan melibatkan sejumlah SKPD-SKPD di jajaran pemkot Tarakan, perusahaan swasta, organisasi pecinta alam baik dari perguruan tinggi dan sekolah, serta pelajar. “Khusus hari Sabtu (28/5), kita akan melaksanakan penanaman seribu pohon mangrove di Kelurahan Lingkas Ujung. Kegiatan penanaman mangrove ini akan melibatkan seluruh peserta talk show,” kata Budi Setiawan, Kepala Dinas Kehutanan Tarakan di sela-sela meeting persiapan pameran, kemarin.

Khusus untuk penanaman mangrove ini, panitia akan menyiapkan transportasi dari lokasi pameran di GTM menuju ke Lingkas Ujung. Pasalnya, setelah dilakukan penanaman mangrove, akan dilanjutkan dengan pembagian bibit pohon kepada masyarakat umum di GTM, sebanyak 300 bibit pohon rambutan, mangga dan trembesi.(ddq)

Sumber : radartarakan (26 Mei 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com