Selasa, 10 Mei 2011

Mahasiswa STMIK PPKIA Tarakan Demo Robot Humanoid

. Selasa, 10 Mei 2011

TARAKAN - Mahasiswa STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati Tarakan yang meraih Juara I Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Regional V Indonesia Timur mendapat apresiasi dari Pemkot Tarakan.

Sebagai bentuk apresiasi Walikota Tarakan Udin Hianggio meminta kepada mahasiswa STMIK PPKIA Tarakan mendemokan cara kerja robot-robot tersebut di ruang kerjanya, Rabu ( 4/5/2011).

Ada dua robot yang didemokan di hadapan Walikota, yakni robot humanoid dan robot cerdas pemadam api. Saat didemokan robot humanoid yang diberinama Blue Human G1 berjalan seperti manusia dan mampu menendang bola di hadapannya.

Untuk robot cerdas berkaki pemadam api ini berbentuk seperti spiderman yang memiliki enam kaki. Robot berjalan mencari lilin yang telah dinyalakan. Setelah terdeteksi robot yang diberi nama Blue Leg G2 ini pun langsung mengembuskan kipas anginnya dan seketika api di atas lilin langsung padam.

Saat melihat cara kerja robot tersebut, Udin Hianggio didampingi Sekretaris Kota Badrun berserta Asisten Bidang Kesejahteraan Ibrahim kagum atas robot yang dibuat mahasiswa tersebut. Bahkan Ibrahim pun mengusulkan agar robot pemadam api tidak menggunakan kipas melainkan menggunakan air. (*)

Penulis : Junisah
Editor : Sumarsono

Sumber : kaltim.tribunnews (4 Mei 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com