Rabu, 08 Juni 2011

Administrator Pelabuhan Tarakan Perketat Kelaikan Speedboat

. Rabu, 08 Juni 2011

TARAKAN - Pasca kecelakaan speedboat KM Limex Formez di Tanjung Selor, Kementerian Perhubungan Direktorat Perhubungan Laut Kantor Adminstrator Pelabuhan Tarakan akan lebih memperketat pengawasan kelaikan speedboat.

"Karena kami tidak mau kejadian kecelakaan ini terulang, kami pun akan memperketat pengawasan kelaikan speedboat. Mulai dari manifes penumpang hingga life jaket atau pelampung harus tersedia di dalam speedboat," ucap Kepala Administrator Pelabuhan Tarakan, Adang Rodiana yang ditemui Tribun, di ruang kerjanya, Rabu (8/6/2011).

Adang mengatakan, ia telah memperintahkan petugasnya untuk lebih memperhatikan dan melakukan pengawasan kelaikan speedboat. "Saya minta mereka benar-benar mengecek ke dalam speedboat, terutama memeriksa life jaket, karena di dalam speedboat diwajibkan ada life jaket," ujarnya.

Menurut Adang, sebenarnya speedboat KM Limex Formez sebelum melakukan perjalanan dari Tarakan menuju Tanjung Selor telah diperiksa kelaikannya. Saat diperiksa masih layak untuk beroperasi, karena sertifikat dan izinnya masih berlaku.

"KM Limez Fomorez ini sertifikat dan izinya berlayarnya masih berlaku dan layan untuk beroperasi. Jadi kalau pun terjadi kekecelakaan, kemungkinan karena motoris speedboat ini melawan arus. Apalagi yang saya dengar di lapangan motoris speedboat ini sandar kiri, harusnya sandar kanan saja. Nah kemungkinan saat menikung dan sandar ke kiri ada arus datang, dan akhirnya speedboat terbalik," ungkapnya.

Penulis : Junisah
Editor : Reza Rasyid Umar
Sumber : Tribun Kaltim

Sumber : kaltim.tribunnews (8 Juni 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com