Kamis, 16 Juni 2011

MedcoEnergi Alirkan Gas Rumah Tangga untuk Masyarakat Tarakan

. Kamis, 16 Juni 2011

PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi), melalui anak perusahaannya, PT Medco E&P Indonesia (secara bersama disebut “MedcoEnergi”), membuktikan keteguhan komitmennya dalam mendukung upaya pemerintah mengurangi penggunaan bahan bakar minyak sehingga dapat menekan biaya subsidi yang dikeluarkan setiap tahunnya.

Bukti keteguhan tersebut ditandai dengan peresmian “Pengaliran Gas PT Medco E&P Indonesia di Tarakan, Kalimantan Timur” atau Gas In yang digunakan untuk kebutuhan gas rumah tangga di Kota Tarakan. Peresmian dilakukan pada Senin, 13 Juni 2011 disaksikan oleh jajaran Manajeman MedcoEnergi, Walikota Tarakan beserta unsur Muspida, BPHMIGAS serta BPMIGAS

Seperti diketahui bersama, pemerintah telah mencanangkan beberapa program terkait peningkatan pemanfaatan gas bumi sebagai pengganti bahan bakar minyak sebagai wujud diversifikasi energi. Berdasarkan Surat Edaran Menteri Keuangan No. SE-852/MK.02/2008 tanggal 10 Juli 2008, bahwa program jaringan gas kota untuk rumah tangga merupakan kegiatan prioritas nasional dari sub sektor migas.

MedcoEnergi mengalirkan gas untuk kebutuhan rumah tangga warga di Kelurahan Sebengkok dan Karang Balik di Kota Tarakan yang berasal dari sumur-sumur gas yang terletak di wilayah kerja Tarakan untuk jangka waktu 5 tahun (1 Mei 2011 s/d 30 April 2016) sebesar 268,50 BBTUPD. Gas tersebut dialirkan ke rumah-rumah warga melalui jaringan pipa, diantaranya untuk memenuhi kebutuhan memasak dan rumah tangga lainnya. Di dua kelurahan tersebut, sekitar 3.366 rumah warga menjadi target untuk mendapatkan sambungan jaringan pipa gas.

Program City Gas Tarakan merupakan penerapan atas konsep penggalakkan pemanfaatan gas bumi untuk kepentingan warga masyarakat secara langsung serta dapat menciptakan energi relatif murah, bersih, dan ramah lingkungan. Selain itu juga, membantu kebijakan pemerintah mengganti penggunaan minyak tanah dengan gas seperti tertuang dalam Inpres No. 1 Tahun 2010.

Dalam peresmiannya, saat itu juga di-launching penggunaan bahan bakar gas (BBG) untuk mobil dinas Pemerintah Kota (Walikota dan Ketua DPRD Tarakan), di mana BBG dan konverter kit dalam percontohan ini merupakan partisipasi sekaligus sebagai kampanye lingkungan dari MedcoEnergi.

Selain di Tarakan, MedcoEnergi juga telah memasok gas kota di Kota Palembang, Sumatera Selatan sejak 2 tahun lalu. Pasokan gas tersebut oleh Pemerintah kota Palembang selain untuk kebutuhan rumah tangga, juga telah dimanfaatkan untuk kebutuhan bahan bakar transportasi umum. Sementara di Kota Tarakan, selain untuk kebutuhan gas kota, MedcoEnergi juga merupakan pemasok utama gas bagi PLN di Gunung Belah untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di Tarakan.

MedcoEnergi berharap seluruh aktifitas dan program program kerja PT Medco E&P Indonesia selalu mendapat dukungan dari pemerintah daerah serta seluruh komponen masyarakat Kota Tarakan agar tetap dapat berproduksi dan melakukan pengeboran-pengeboran baru di Tarakan yang pada akhirnya hasilnya akan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat kota tarakan.(adv)

Sumber : radartarakan.co.id (16 Juni 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com