Kamis, 16 Juni 2011

Pemerintah Tarakan Kaji Mobil Internet ke Kecamatan

. Kamis, 16 Juni 2011

TARAKAN - Rencana pemerintah untuk memberikan fasilitas perolehan informasi yang cepat dan akurat dengan menggunakan fasilitas internet, mulai bervariasi. Jika di beberapa taman kota di Tarakan sudah memiliki fasilitas wireless untuk internet, pemerintah kota kembali mewacanakan untuk mengadakan mobil internet keliling bekerjasama dengan pihak swasta.

“Namun ini bukan semata-mata swasta murni, namun ada program dari Diskominfo dan saya melihat peluangnya cukup bagus, apalagi terkait dengan teknologi informasi,” kata Wali Kota Tarakan, H Udin Hianggio, di ruang kerjanya kemarin usai mendengarkan paparan terkait mobile internet tersebut.

Dikatakan Udin, jika program ini jadi terlaksana, maka kota Tarakan adalah yang pertama kalinya melakukan mobil internet di utara Kaltim, bahkan mungkin di provinsi Kaltim. “Saya menganggap ini adalah salah satu jalan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Udin Hianggio. Selain itu, tentu fasilitas ini juga memberikan pendidikan teknologi informasi yang baik kepada masyarakat.

“Pemerintah kota tentu sangat welcome melalui Diskominfo. Yang terpenting adalah bagaimana informasi tersebut bisa sampai kepada masyarakat terutama anak-anak kita,” tuturnya. Karena tujuannya adalah untuk mendekatkan internet kepada masyarakat dan memudahkan masyarakat untuk menggunakannya.

General Manager HRD PT Wira Eka Bhakti, Hernowo Sugiri mengatakan, rencana awal program yang diberi nama M-PLIK (Mobile Pelayanan Langsung Internet Kecamatan) ini akan dilakukan di lima provinsi di Indonesia. “Tetapi kami memilih kota Tarakan yang pertama kalinya disosialisasikan,” kata Hernowo.

Setelah ini tim tersebut akan mensosialisasikan ke Balikpapan, Samarinda, lalu ke provinsi Kalsel, Kalbar, lalu ke Sumatera Utara, NTT dan NTB.

Dijelaskan Hernowo, mobile internet yang akan mereka gunakan ada dua merek. Didalamnya ada satu server wireless access point and switch, enam unit laptop, pemancar satelite, genset, LCD TV, printer colour, home theater, UPS 1,5 KVA dan perlengkapan lainnya. “Jadi koneksi internet langsung dari satelit kami dan dishare ke enam laptop,” kata Hernowo.

Sebelum di Tarakan, program ini sudah dilakukan di Papua namun belum mobile hanya PLIK (Pelayanan Langsung Internet Kecamatan). “Yang mobile baru disini,” ujarnya. Teknisnya, dalam pengoperasionalannya akan bekerjasama dengan pemerintah daerah dan swasta yang berbadan hukum untuk mengelola mobil tersebut dan bertanggungjawab dalam operasionalnya. (ddq)

Sumber : radartarakan.co.id (16 Juni 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com