Kamis, 30 Juni 2011

Penamaan Jalan di Tarakan Masih Amburadul

. Kamis, 30 Juni 2011

TARAKAN – Pesatnya pertumbuhan pemukiman warga dengan nama jalan yang dibuat warga sendiri mengakibatkan, ditemui beberapa nama jalan yang tidak serasi dalam suatu wilayah.

Misalnya, di Kelurahan Karang Balik, banyak ditemui nama jalan menggunakan nama bunga. Di kelurahan lainnya juga ditemukan jalan menggunakan nama bunga. Pihak Dinas Perhubungan maupun Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang mengakui hal ini, dan mengatakan bahwa kondisi juga terjadi di kelurahan lainnya.

“Untuk penataannya bagaimana itu ada di Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum. Kalau kami hanya secara teknisnya saja seperti ukuran lebar dan luasnya jalan itu berapa,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Tarakan, Budi Prayitno kepada Radar Tarakan kemarin (29/6).

Berkenaan dengan hal itu, Dinas Pekerjaan Umum dan tata Ruang Tarakan melalui Bidang Tata Ruang Pemerintah Kota Tarakan akan melakukan penataan ulang nama-nama jalan tersebut. Mengenai waktunya, belum dapat ditentukan karena perlu tinjau lapangan dan kajian yang sesuai dengan kriteria dan aturan yang berlaku.

Kepala Bidang Tata Ruang, Ajat Jatnika mengatakan, pembagian nama jalan di Tarakan terbagi dari beberapa wilayah yang dikenal dengan konsep nama pahlawan, pohon, pulau, bunga, atau kembang dan sungai.

“Ada beberapa jalan menurut pantauan kami belum tertata dengan baik. Untuk itu ke depan akan kami tata termasuk juga nama-nama sungai yang masih tumpah tindih,” katanya.

Mengenai jumlah berapa banyak nama jalan dan ruas jalan di Tarakan, mantan Kepala Seksi Bidang Pengairan dan mantan Kepala Kebersihan Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Tarakan ini mengakui, belum mengetahui persis.

“Tapi yang jelas akan kita tata ulang. Untuk nama-nama jalan yang dilakukan sendiri oleh warga sebenarnya tidak masalah karena belum ada panduan hukum untuk pemberian nama jalan yang dilakukan warga karena berdasarkan perda hanya mengatur penetapan batas daerah, manfaat jalan dan pengawasan, tapi tetap akan ditata,” bebernya.

Pasalnya, selain nama jalan di beberapa wilayah ada yang ganda, ada pula jalan yang justru tak punya nama terutama nama-nama gang.(sur)

Sumber : radartarakan.co.id (30 Juni 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com