Kamis, 30 Juni 2011

Pengaspalan Jalan Sungai Bengawan Tarakan Ditarget Tuntas Akhir Juni

. Kamis, 30 Juni 2011

Pengaspalan Jalan Sungai Bengawan Tarakan Ditarget Tuntas Akhir Juni
TARAKAN – Pembangunan infrastruktur jalan beraspal di Sungai Bengawan, Kelurahan Juata Permai sesuai kontrak kerja dengan CV Cahaya Baru sebagai kontraktor, rampung sampai akhir Juni 2011.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Tarakan, Jamaluddin mengatakan, pihaknya terus melakukan pengendalian di lapangan. Terlebih, lantaran pengendalian manajemen penggunaa alat proyek. Dia juga optimis, pengerjaan jalan sesuai kontrak dan jalan beraspal hingga tembus ke perumahan PNS. Secara umum, untuk pemeliharaan jalan prioritas program dinas pekerjaan umum dikucurkan hampir Rp 2 miliar untuk memperbaiki titik-titik jalan yang rusak di Tarakan.

“Pressure dari PU pada kontraktor juga terus dilakukan agar benar-benar bisa memaksimalkan sisa waktu yang ada juga merampungkan beberapa titik jalan yang masih berlubang dan rusak,” ungkap Jamaluddin.

Diketahui, anggaran yang dikucurkan pemerintah untuk pembangunan jalan Sungai Bengawan yang juga bakal diproyeksikan sebagai kawasan industri ini, sebesar Rp 30 miliar.

Namun lanjut Jamaluddin menjelaskan, untuk kuantitas jalan dimana masih saja terdapat kerusakan di beberapa ruas, tidak dapat dikerjakan sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Khususnya jalan-jalan protokol yang banyak dilalui kendaraan. Perlu tahapan perbaikan jalan-jalan yang rusak melalui anggaran pemeliharaan jalan.

“Yang jelas prioritas perbaikan di jalan-jalan utama sudah diprogramkan. Untuk Sungai Bengawan, optimis sampai akhir Juni sesuai kontrak, bisa selesai. Pihak kontraktor juga menyanggupinya. Meskipun tak dipungkiri, permasalahan cuaca dan kondisi alam ikut berperan dalam penyelesaian proyek ini,” kata Jamaluddin kepada Radar Tarakan.

Sementara, Anggota Komisi III DPRD Tarakan Gunawan Wibisono usai melakukan kunjungan lapangan ke lokasi mengatakan, pembangunan hingga pemeliharaan jalan di Sungai Bengawan sebelum masa kontrak habis menjadi tanggung jawab kontraktor. Untuk itu, ia mengharapkan pihak pelaksana proyek memberi jaminan kualitas dan kuantitas pembangunan jalan yang baik tanpa masalah.

“Sampai sekarang memang masih ada perbaikan yang dilakukan, tapi kami harap tenggang waktu sesuai kontrak proyek bisa dipenuhi. Ruas jalan rampung akhir bulan Juni, tidak ada lagi masalah seperti kerusakan,” jelas Gunawan.

Lebih lanjut Gunawan menyampaikan, komitmen realisasi 100 persen proyek hingga aspal bisa tembus perumahan PNS yang baru. Perihal sedikit masalah yakni pembebasan lahan di beberapa ruas jalan Sungai Bengawan, meski tidak signifikan, oleh Pemkot Tarakan melalui bagian Tata Pemerintahan (Tapem) perlu segera menyelesaikan.

“Saat kunjungan, kami baru tahu ternyata pembebasan lahan di jalan sungai bengawan ada yang sedikit bermasalah walaupun tidak signifikan. Ada beberapa badan jalan yang kelihatannya perlu melibatkan Tapem untuk menyelesaikan masalah tersebut, karena ini masalah sosial. Semua pihak harus turut andil, agar jalan ini bisa rampung tepat waktu,” tutupnya.(dta)

Sumber : radartarakan.co.id ()

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com