Rabu, 15 Juni 2011

Promosikan Iraw Tengkayu Tarakan ke Sejumlah Negara Asia

. Rabu, 15 Juni 2011

TARAKAN – Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Tarakan, Muhammad Idrus menyampaikan, tahun ini akan kembali menggelar pesta rakyat akbar dua tahunan, Iraw Tengkayu. Even ini berpotensi sebagai atraksi daya tarik wisata.

Demi kesuksesan even tersebut, Idrus mengaku pihaknya terus mempromosikan promosi rencana hajatan tersebut, tak hanya lingkup domestik tapi skala nasional pada pameran nusantara di Jakarta belum lama ini. Bahkan, leaflet dan banner rencana penyelenggaraan pesta rakyat Iraw Tengkayu sudah merambah hingga Kinabalu dan Tawau, Malaysia, juga Brunei Darussalam dan wilayah Asia lainnya.

“Langkah persiapan awal, promosi ke luar daerah termasuk luar negeri. Di setiap bandara seperti di Balikpapan dan Bali juga kami pasang banner Iraw Tengkayu. Sebab tahun ini kami target angka kunjungan wisatawan ke Tarakan meningkat dari tahun sebelumnya,” ungkap Muhammad Idrus.

Momen yang direspon Pemerintah Kota Tarakan dengan perayaan dilaksanakan 2 tahun sekali ini, telah dianggarkan sekitar Rp 1,5 miliar pelaksanaan Iraw Tengkayu. Secara nasional pun menjadi calendar of event Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI. Mantan kepala Bagian Tata Pemerintahan ini juga menyampaikan telah diprogramkan secara dini berbagai acara menarik yang akan dikemas dalam rangkaian kegiatan Iraw Tengkayu sebagai daya tarik tersendiri bagi kota Tarakan.

“Tahun ini ada program pendukung Iraw yang berbeda. Diwacanakan ada lintas alam yang bisa diikuti kabupaten/kota se-Kaltara, tidak menutup kemungkinan jika wisatawan asing ingin ambil bagian, karena sekaligus jelajah wisata Tarakan. Lalu ada voli pantai nasional,” bebernya kepada Radar Tarakan.

“Tahap promosi ini pun sudah include dianggaran Iraw. Target tahun ini, perbandingan jumlah kunjungan wisata diyakini meningkat. Jika tahun 2009 ada 102 ribu pengunjung dan tahun 2010 meningkat menjadi 128 ribu pengunjung, tahun ini didukung pesta akan meningkat, makanya kami promosi terus-menerus,” imbuhnya.

Kemudian, rangkaian acara wajib pendukung Iraw seperti parade nusantara (karnaval budaya) dan yang paling dinanti prosesi penurunan padaw tuju dulung, sebuah perahu berwarna hijau, kuning dan merah yang menjadi lambang tradisi suku Tidung. Dilarung ke laut dengan dihaturkan sesaji.

“Pada acara ini Iraw ini seperti karnaval, berbagai macam suku bangsa nanti diminta turut serta sebagai wujud kebersamaan dan kekeluargaan yang erat di bumi paguntaka ini. Di selenggarakan Desember mendatang, namun persiapan sejak sekarang biar terkonsep matang, belum lagi persiapan pembuatan perahu dan lainnya,” pungkas Muhammad Idrus.(dta)

Sumber : radartarakan.co.id (15 Juni 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com