Rabu, 15 Juni 2011

Sofian Raga : “Tidak Semua Menggunakan APBD”

. Rabu, 15 Juni 2011

Ruang Imbaya Kantor Walikota Tarakan,- Pengurus Program Nasional Penanggulangan Kemiskinan (PNPM) Kota Tarakan, Bappeda serta SKPD terkait, Kamis lalu (09/06) mengadakan rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kota Tarakan Tahun 2011 ( TKPK ). Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Asisten Ekonomi & Pembangunan, Ir.Sofian Raga,,M.Si. dan didampingi Kabid Sosbud Bappeda Kota Tarakan, Eko Puguh Santoso AKS,M.Si.

Dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai evaluasi semua program yang terkait dengan penanggulangan kemiskinan. Point yang perlu digaris bawahi yakni terkait pelaksanaan program dari PNPM, artinya sampai sejauh mana PNPM itu, apakah banyak dampak positif yang dihasilkan dari pelaksanaan program tersebut. Sehingga akan ada gambaran yang jelas tentang program-program PNPM yang sudah dilaksanakan.

“Karena apapun masalah kemiskinan bukan berada di pundak pemerintah, tapi berada dipundak semua pihak, baik masyarakat, dunia usaha, dunia industri, dan seterusnya,” Jelas Sofian.

Rakor tersebut itu juga membahas tentang program penanggulangan kemiskinan, dan sinkronisasi data. Artinya apakah program tersebut sudah berjalan dan menyentuh kepada sasaran masyarakat-nya atau tidak.

“Apakah dia (red, Program Penangulangan Kemiskinan) bermanfaat? kalau tidak bermanfaat, maka perlu diarahkan. Tapi kalau ternyata tidak membawa hasil, sebaiknya perlu dipertimbangkan,” tegas Sofyan.

Sofian menggaris bawahi bahwa peran semua SKPD yang terkait didalam penanggulangan kemiskinan masyarakat ini tidak hanya dibahas saja (red, berupa wacana), tetapi juga perlu dikomunikasikan lebih luas lagi kepada seluruh masyarakat yang menjadi sasaran dalam program tersebut.

“Tidak semua menggunakan APBD, banyak cara untuk membudidayakan masyarakat dengan lebih baik lagi dengan peran-peran yang lebih baik pula, sehingga kita tidak terpaku dengan apa yang sudah-sudah,” Ujarnya.

Sumber : tarakankota.go.id (15 Juni 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com