Minggu, 31 Juli 2011

29 TPU di Tarakan Dinyatakan Penuh

. Minggu, 31 Juli 2011

TARAKAN - Sebanyak 29 TPU yang tersebar di empat Kecamatan kota Tarakan kini dinyatakan telah penuh.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pemakaman Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) kota Tarakan, Syamsuddin, kepada tribunkaltim.co.id, Jumat (29/7/2011). "Karena jumlahnya semakin bertambah maka keberadaan TPU yang sekarang itu sudah overload. Tidak ada jalan selain membuka TPU baru," ujarnya.

Berdasarkan data DKPP Tarakan, selama kurun Juni 2011 lalu, tercatat sebanyak 74 jenazah yang dimakamkan di sejumlah TPU Tarakan. Sementara, angka kematian di Tarakan berkisar 70 hingga 80 orang per bulannya. Kendati kapasitas TPU sudah tidak memungkinkan, namun DKPP Tarakan belum mengeluarkan keputusan untuk menutup TPU tersebut. Alasannya, DKPP masih menunggu realisasi pembukaan TPU baru yang kini tengah dikordinasikan dengan sejumlah pihak.

"Kita belum ada rencana untuk menutup, karena sebagaian TPU itu juga masih milik masyarakat. Nah saat ini kita masih mengupayakan realisasi pembukaan TPU terpadu, kalau itu sudah gol maka kita akan pikirkan langkah selanjutnya," ujarnya.

Sejauh ini, DKPP Tarakan telah mengusulkan pembangunan TPU terpadu kepada DPRD kota Tarakan, yang akan dipusatkan di wilayah Kelurahan Juata Kerikil dan Mamburungan. Dari usulan tersebut, lanjut Syamsuddin, DPRD telah memberikan respon positif, hanya saja pihaknya belum mengetahui berapa jumlah anggaran yang akan dialokasikan untuk pembangunan TPU tersebut.

"Kita sudah usulkan, dan alhamdulillah ada respon positif. Tahun ini mudah-mudahan akses jalannya sudah dapat dibuat, cuma kalau jumlah anggarannya saya kurang tahu persis. Dan mudah-mudahan saja tahun 2012 kita dapat kucuran dana dari APBD Provinsi," ujarnya. (*)

Penulis : Syaiful
Editor : Sumarsono

Sumber : tribunnews.com (29 Juli 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com