Senin, 18 Juli 2011

Aksi Bersih-Bersih Massal se-Kota Tarakan

. Senin, 18 Juli 2011

Setelah Idulfitri, Dilanjutkan Kembali

Aksi Bersih-Bersih Massal se-Kota Tarakan
TARAKAN – Kesadaran warga Tarakan terhadap kebersihan serta pembenahan drainase di kota ini patut diacungi jempol. Dalam sehari kemarin, warga kota baik yang ada di tengah kota sampai pelosok ikut bersih-bersih lingkungan. Dari Mamburungan hingga Juata, dari Jalan Yos Sudarso sampai wilayah pesisir.

Walikota Tarakan Haji Udin Hianggio menegaskan, Aksi Bersih-Bersih Massal se-Kota Tarakan tak hanya terhenti di 17 Juli, kemarin. Tapi, kegiatan ini menjadi agenda rutin masyarakat Kota Tarakan. “Setelah Lebaran (Hari Raya Idulfitri, Red.) harus dilanjutkan kembali. Kegiatan ini sangat positif sekali,” kata Haji Udin, sapaan Walikota Tarakan kepada Radar Tarakan yang bersama-sama melakukan peninjauan ke sejumlah kelurahan.

Walikota turut memantau aksi Bersih-Bersih Massal Se-Kota Tarakan yang diselenggarakan sejak pukul 07.00 Wita hingga siang hari kemarin (17/7). Di awali di Kecamatan Tarakan Barat, sebelum Aksi Bersih-Bersih Massal se-Kota Tarakan untuk wilayah Jalan Yos Sudarso dimulai, walikota juga sempat menyampaikan sambutannya dan merespon positif upaya yang dilakukan Camat Tarakan Barat dan jajarannya, didukung instansi terkait, termasuk TNI/Polri untuk menghidupkan kembali kegiatan bersih-bersih.

“Terima kasih kepada tim dari Radar Tarakan yang telah memberikan inspirasi bagi kita semua. Aksi Bersih-Bersih Massal se-Kota Tarakan yang dilaksanakan di empat kecamatan dan 20 kelurahan harus terus dilaksanakan. Setelah bulan puasa, mari kita lanjutkan kembali,” ujar walikota.

Haji Udin juga sempat menyinggung penghargaan Adipura yang tidak diperoleh Kota Tarakan pada tahun ini, setelah empat tahun berturut-turut penghargaan untuk kota terbersih diperoleh kota ini. Namun, walikota berharap hal ini tak lantas membuat masyarakat Tarakan berkecil hati. “Kalau Tarakan tidak dapat pantas karena memang masih ada titik-titik yang kurang bersih, tapi kalau Balikpapan yang selama ini menjadi salah satu kiblat bagi Tarakan untuk kebersihan kota juga tidak dapat, memang agak menyedihkan. Tapi sekali lagi, hal ini bukan untuk kita berkecil hati,” terangnya.

Camat Tarakan Barat Samsudin Ali SE juga berharap, Aksi Bersih-Bersih Massal se-Kota Tarakan dapat terus dilaksanakan. “Kami berterima kasih kepada Radar Tarakan yang telah mendukung dan mensupport kegiatan ini,” kata Samsudin Ali. Dari Tarakan Barat, walikota bersama tim dari Radar Tarakan meninjau pelaksanaan Aksi Bersih-Bersih Massal di Kelurahan Juata Laut yang dipusatkan di Jalan Padat Karya. Dalam kesempatan ini, walikota sempat berbincang dan menyampaikan harapannya kepada Lurah Juata Laut Aris Priyanto SE MM, Sekretaris Camat Tarakan Utara Heri Purwono, dan warga Juata Laut, agar Aksi Bersih-Bersih Massal se-Kota Tarakan dapat menjadi program rutin di wilayah ini.

Memang, masyarakat yang terlibat bersih-bersih di Kelurahan Juata Laut tidak sebanyak di Kecamatan Tarakan Barat, salah satu penyebabnya seperti disampaikan Lurah Aris Priyanto lantaran hingga kemarin mereka belum menerima edaran walikota tentang agenda tersebut.

Walau demikian, walikota berharap, Aksi Bersih-Bersih Massal se-Kota Tarakan berikutnya di Kelurahan Juata Laut maupun wilayah Kecamatan Tarakan Utara lebih semarak lagi. Usai dari wilayah utara, walikota dan rombongan langsung menuju ke Kecamatan Tarakan Timur.

Aksi Bersih-Bersih Massal se-Kota Tarakan juga didukung penuh Komando Distrik Militer (Kodim) 0907 Tarakan. Aksi bersih bersih dipusatkan di Markas Kodim 0907 Tarakan di Jalan Pulau Kalimantan Kelurahan Kampung Satu/Skip. Dalam kegiatan ini, tak hanya seluruh anggota Kodim Tarakan, namun nampak juga keluarga besar dari Dandim 0907 Tarakan Andi Kaharuddin yang melibatkan anak dan istrinya untuk membersihkan pekarangan rumah dan sekitarnya.

Menurut Dandim 0907 Tarakan Letkol Arm. Andi Kaharuddin saat ditemui mengatakan, pelaksanaan kerja bakti suatu hal untuk dapat dilakukan seterusnya.

“Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian kita yang dimulai dari diri kita sendiri. Sekitar rumah dan secara keseluruhan dilakukan dengan serentak di Kota Tarakan. Karena itu, hari seluruh keluarga anggota Kodim terlibat dalam aksi bersih-bersih ini,” ujar Dandim. “Selain itu kalau sekitar lingkungan kita kelihatan bersih maka secara otomatis nampak pemandangan yang sedap atau nampak indah dipandang mata dan bernilai hidup sehat,” sambungnya.

Kedepan ia mengharapkan, kegiatan tersebut tak putus sampai disini saja melainkan dapat terus berkelanjutan. Untuk itu, Kodim 0907 Tarakan tengah mencanangkan agenda bersih-bersih yang wajib dilakukan oleh seluruh personel.

“Kita canangkan paling tidak seminggu sekali dan wajib dilakukan seluruh anggota sebagai bentuk kepedulian terhadap tempat tinggal dan lingkungan di sekitarnya,” kata Andi.

Kegiatan yang sama juga dilakukan PT Pelayanan Listrik Nasional (PLN) Tarakan di Jalan Pangeran Diponegoro Gunung Belah Kelurahan Sebengkok. PLN Tarakan mengakui jauh hari sebelumnya atau setelah mengetahui akan dilaksanakan kegiatan aksi Bersih-Bersih Massal se-Kota Tarakan ini telah melakukan berbagai kesiapan. 30 persen jumlah karyawan atau sebanyak 45 orang ikut serta. “Jauh hari sebelumnya kami menyatakan sangat mendukung kegiatan ini. oleh karenanya kami mengenakan seragam ini sebagai bukti dukungan kami untuk kota Tarakan dari 30 persen lebih karyawan PLN,” ujar Sekretaris Perusahaan PLN Tarakan Muyoto kemarin.

Pada kegiatan ini, lokasi yang dibersihkan karyawan PLN Tarakan tak hanya terpusatkan di satu titik atau hanya di PLTU dan Kantor PLN Tarakan Gunung Belah. Namun, kegiatan tersebut juga dilakukan di sekitar wilayah Gardu Induk PLN di Jalan Telaga Keramat Kampung Enam sampai daerah Kelurahan Juata Laut.(ris/sur)

Sumber : radartarakan.co.id (18 Juli 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com