Rabu, 06 Juli 2011

BPMPKB Tarakan Fokus Tuntaskan Buta Aksara

. Rabu, 06 Juli 2011

TARAKAN – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Tarakan, Mariyam mengungkapkan, penderita buta aksara di Kelurahan Pantai Amal Kecamatan Tarakan Timur diperkirakan berada pada angka tertinggi selama ini.

Untuk itu, melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang diikuti oleh sebanyak 110 Mahasiswa dari Universitas Mulawarman Samarinda 2011, 10 orang di antaranya mempunyai tugas dalam mengentaskan kasus tersebut yang difokuskan di Kelurahan Pantai Amal.

“10 mahasiswa dari jumlah itu yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata saat ini mempunyai tujuan khusus yaitu bagaimana untuk mengentaskan buta aksara di Pantai Amal, karena dimungkinkan angka tertinggi buta aksara ada di kelurahan tersebut,” kata Mariyam kepada Radar Tarakan kemarin (5/7).

Namun mengenai berapa jumlah angka buta aksara di Kelurahan Pantai Amal, Mariyam mengaku pihaknya belum dapat mengetahui persis. Sehingga diharapkan melalui Kuliah Kerja Nyata Tematik dari 10 orang itu nantinya baru dapat diketahui seberapa besar jumlah angka buta aksara yang dialami masyarakat yang mayoritas dihuni para nelayan.

“Tahun ini jumlah mahasiswa KKN Unmul di Tarakan berjumlah 110 orang, yang 100 orangnya adalah KKN reguler,” kata dia.

Untuk memantapkan salah satu tugas akhir para mahasiswa tersebut, pihak Pemerintah Kota Tarakan melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Tarakan beserta instansi terkait khususnya pihak kelurahan dan kecamatan sejak 1 Juli lalu, sejumlah mahasiswa ini diberi pembinaan dan pembekalan yang dilaksanakan selama dua hari di 4 kecamatan hingga kemarin.

Mariyam menjelaskan, dalam pembinaan dan pembekalan bagi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata itu dilakukan agar Tri Dharma Perguruan Tinggi atau ilmu yang mereka dapatkan selama dibangku kuliah dapat disinkronisasikan dengan program Pemkot Tarakan terutama berkaitan dengan kebijakan pembangunan kota.

“Meski mayoritas mahasiswa putra daerah, tetapi mereka belum tau apa visi misi kota ini, dalam kesempatan pembekalan ini agar semua kegiatan yang mereka lakukan nanti lebih mengetahui dan memahami terutama kaitannya dengan keadaan di lapangan,” katanya.

Masih dikatakan Mariyam, mahasiswa KKN yang reguler atau kegiatan umum dalam setiap kelurahan masing-masing posko berjumlah 5 orang. Tahun ini jumlah mahasiswa KKN dari Unmul Samarinda di Tarakan lebih sedikit jika dibandingkan tahun sebelumnya. “Harapan kami khususnya kepada seluruh mahasiswa KKN yang asal Tarakan kalau bisa lakukan KKNya jangan di Tarakan,” pesan Mariyam.

Tahun 2010 lalu, lanjut dia, KKN Tematik tahap pertama kala itu mahasiswa mendapatkan tugas menyurvei tentang angka kemiskinan Kota Tarakan dan diketahui penyebab mayoritas dikarenakan perceraian. Kegiatan KKN Unmul ini dilaksanakan sejak 1 Juli hingga 1 September mendatang di Tarakan.(sur)

Sumber : radartarakan.co.id (6 Juli 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com