Rabu, 13 Juli 2011

Keluhan Ortu Jadi Evaluasi Disdik Tarakan

. Rabu, 13 Juli 2011

Terkait Penerimaan Peserta Didik Baru

TARAKAN - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) belakangan ini banyak disoal orang tua pendaftar. Umumnya, yang disesalkan orang tua pendaftar adalah tidak meratanya siswa yang diterima di setiap sekolah. Malah, ada beberapa sekolah yang menerima siswa baru yang di luar dari lingkungan sekolah tersebut.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tarakan, Sudirman menyebut, yang disesalkan orang tersebut akan segera dievaluasi dengan catatan, tidak justru membuat anak tersebut putus sekolah lantaran tidak diterima di sekolah dekat rumah mereka.

“Tentu (akan dievaluasi, Red.), setiap saat kita pasti lakukan evaluasi yang kemudian dituangkan dalam pedoman penerimaan siswa baru,” jelas Sudirman kepada wartawan.

Untuk memenuhi keinginan para orang tua Sudirman mengakui memang tidak mudah. Apalagi, kejadian dan keluhan tersebut datang dalam bentuk kasus perkasus tertentu dan bukan datang dari orang tua secara keseluruhan. “Tapi, kita tetap akan evaluasi,” katanya.

Kasus-kasus tertentu tersebut bisa meliputi, apakah umur siswa tersebut sudah mencapai usia sekolah ataukah tempat tinggal si anak benar-benar masuk dalam wilayah sekolah yang ingin dimasukinya. Dan hal itu, diakui Sudirman memungkinkan terjadinya kesenjangan.

“Misalnya, sekolahnya jelek, jadi pengin masuk di sekolah yang bagus atau lain hal yang memungkinkan dirasakannya suatu kesenjangan,” kata Sudirman.

Lantas apa solusi Dinas Pendidikan Kota Tarakan? “Ya tentu dengan melihat berbagai sudut, salah satunya kita upayakan membuat sekolah yang bagusnya merata dan itu tengah kita upayakan dengan membangun beberapa sekolah dan masih berjalan pembangunannya. Ya, tentu bangunannya lebih bagus dari sebelumnya,” ujarnya.

Solusi ini, sebut Sudirman, dilakukan agar tidak terjadi penumpukan di suatu sekolah dan mengakomodir semua pendaftar.

“Kalau semua sekolah bagus, kemungkinan orang tua tidak akan menyerbu sekolah lain dan merata. Tapi intinya, setiap hari kita evaluasi proses pendaftaran ini,” pungkasnya.(nat)

Sumber : radartarakan.co.id (13 Juli 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com