Sabtu, 16 Juli 2011

Pelebaran Halmahera Telan Rp 1,5 Miliar

. Sabtu, 16 Juli 2011

Lagi, Status Lahan Hambat Ring Road

TARAKAN – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Tarakan menyiapkan pagu dana sebesar Rp 1,4 miliar pada APBD 2011 untuk pekerjaan fisik pelebaran Jalan Halmahera (seputaran Taman Oval Ladang). Saat ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang sedang melakukan proses pelelangan yang diperkirakan memakan waktu hingga 1,5 bulan.

Lelang dilakukan lewat e-Proc yang disediakan oleh Layanan Pengadaan Secara Elektronik Kota Tarakan.

Kepala Bidang Bina Marga, Muhammad Haidir mengatakan, diperkirakan pekerjaan fisiknya akan dimulai pada Desember tahun ini atau setelah proses pelelangan dirampungkan. “Nanti badan Jalan Halmahera akan diaspal hotmix, sehingga lebih padat dan tahan lama,” kata Muhammad Haidir.

Sementara itu, terkait pembangunan jalan lingkar (Ring Road) untuk tahap pertama Juata menuju Pantai Amal, diinformasikan masih berjalan terus. “Kinerjanya memang sedikit terkendala dengan masalah sosial kemasyarakatan utamanya soal lahan dan upaya pembebasannya,” ungkap Muhammad Haidir kepada Radar Tarakan, belum lama ini.

Menyikapi hal ini, tim sosial kemasyarakatan pembangunan Ring Road melakukan berbagai pendekatan. “Kami harus berkoordinasi dengan pemilik lahan (soal besaran dana pembebasan lahan, Red.). Jangan sampai setelah ada pembicaraan lalu disepakati, eh belakangan warga tak menerimanya dengan berbagai alasan,” tandasnya.

Realisasinya sendiri sudah sejauhmana? “Jika kita bicara panjang, sebenarnya sudah tembus. Sementara kalau bentuk jalanan, sesuai dengan rencana. Yang patut diketahui, pembangunan ring road tahap pertama ini, produk akhirnya adalah membentuk badan jalan (belum diaspal),” jelasnya. Badan jalan yang dibentuk, lebarnya berkisar antara 9 meter hingga 50 meter. “Tahap pertama, panjang jalan tembus ditargetkan sekira 26 kilometer. Sementara untuk tahap kedua, panjangnya kurang lebih sama,” terang pejabat Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Tarakan itu.(ndy)

Sumber : radartarakan.co.id (15 Juli 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com