Kamis, 04 Agustus 2011

Agustus, Inflasi Tarakan Diprediksi Meningkat

. Kamis, 04 Agustus 2011

TARAKAN - Dari segi peningkatan ekonomi kota Tarakan pernah membuat catatan mengejutkan.

Betapa tidak, awal Januari 2011 lalu, Tarakan pernah menempati peringkat kedua sebagai kota dengan inflasi tertinggi di Indonesia, menyusul Manokwari. Kala itu inflasi Tarakan berada pada posisi 1,64 persen dan sempat menyita perhatian nasional.

Menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) kota Tarakan Hamdani Hasan, sangat sulit untuk memprediksi inflasi di Tarakan. Mengingat keterbatasan untuk memantau 284 jenis barang dan jasa di Tarakan.

"Disana ada yang naik dan ada yang turun, sehingga angkanya susah kita prediksi. Perhitungannya cukup rumit dan sangat riskan," ujarnya, Kamis (4/8/2011).

Namun secara umum, diperkirakan inflasi kota Tarakan akan merangkak naik di bulan Agustus ini. Kenaikan itu dipicu sejumlah bahan makanan, seperti padi-padian dan umbi-umbian.

Data BPS kota Tarakan Juli 2011, angka inflasi mencapai 0,40 persen. Angka itu sudah tergolong besar, dan diprediksi akan lebih meningkat untuk bulan Agustus hingga September.

"Di bulan Juli saja sudah besar. Dan biasanya setelah bulan yang sempat melonjak kadang masih ada kenaikan di bulan berikutnya. Kemungkinan dua bulan baru terjadi bisa terjadi deflasi (jatuh harga)," ujarnya.

Penulis : Syaiful
Editor : Adhinata Kusuma
Sumber : Tribun Kaltim

Sumber : tribunnews.com (4 Agustus 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com