Kamis, 11 Agustus 2011

Korban Kerusuhan Tarakan Tuntut Ganti Rugi Rp 4 M

. Kamis, 11 Agustus 2011

TARAKAN - Sejumlah tokoh masyarakat yang mewakili korban kerusuhan di Tarakan, mendatangi kantor Walikota Tarakan, Selasa (9/8/2011). Mereka menuntut ganti rugi atas kerugian materi akibat konflik yang melanda Tarakan September 2010 silam.

Kedatangan mereka disambut Walikota Tarakan Udin Hianggio di ruang Kenawai kantor Walikota Tarakan. Dalam kesempatan itu, korban kerusuhan diwakili Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Tarakan Ince Ahmad Rifai, Anggota DPRD Tarakan Fadlan Hamid, Anggota DPRD Tarakan Ir Yancong, dan tokoh masyarakat H Sani daeng Muin. Tampak hadir pula Asisten III Pemkot Tarakan Drs Achamdin Noor, Kepala Kesbangpol Tarakan Agus Sutanto, dan Kasat Reskrim Polres Tarakan AKP Imam Muhadi.

Dalam keterangannya, perwakilan korban mengeluhkan lambannya pengucuran dana ganti rugi yang dijanjikan Pemkot Tarakan. Padahal, pembahasan sudah pernah dilakukan beberapa waktu lalu dan menuai kesepakatan antara kedua belah pihak. Namun, hampir setahun, janji Pemkot tersebut tak kunjung datang.

Kepala Kesbangpol kota Tarakan Agus Sutanto mengatakan, lambannya pencairan dana lantaran pihaknya memerlukan waktu dalam memproses verifikasi kerugian korban. Namun demikian, secara administrasi verifikasi kerugian kini sudah lengkap dan bisa segera dicairkan.

Santunan yang akan diberikan Pemkot Tarakan kurang lebih Rp 4 miliar. Dana tersebut akan diberikan untuk 5 korban meninggal dunia sebesar Rp 150 juta, 15 korban luka-luka Rp 450 juta, 21 bangunan Rp 1,5 miliar, dan non fisik lainnya sebesar Rp 1,9 miliar.

Rencananya, dana tersebut akan disiapkan terhitung mulai Rabu (10/8/2011) esok. Dan baru akan dikucurkan kemungkinan tiga hari berikutnya. "Kita upayakan dana besok semuanya sudah siap. Tidak ada istilah kita tunda, soal teknis pembayarannya mungkin bisa lusa," ujar Walikota Tarakan Udin Hianggio. (*)

Penulis : Syaiful
Editor : Adhinata Kusuma
Sumber : Tribun Kaltim

Sumber : tribunnews.com (9 Agustus 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com