Selasa, 02 Agustus 2011

Rencanakan Tambah Kontainer Sampah

. Selasa, 02 Agustus 2011

TARAKAN - Permasalahan sampah sepertinya memang sulit untuk diselesaikan di Tarakan. Setelah gagal mendapatkan penghargaan Adipura tahun ini, ternyata banjir juga masih saja terjadi di Tarakan, yang membawa sampah-sampah sungai dan drainase hingga ke badan jalan.

Meski demikian, menurut Kepala Bidang Kebersihan, Agus Rahmansyah, pihaknya akan terus mengupayakan untuk kembali mendapatkan piala Adipura di tahun mendatang. Upaya yang dilakukan antara lain dengan beberapa kegiatan penambahan armada sampah seperti bak sampah plat dan kontainer sampah. Tak hanya itu, mengintensifkan patroli rutin antisipasi penumpukan sampah di beberapa bak-bak tempat pembuangan sampah warga sementara sebelum diangkut ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA).

“Tarakan sudah mendapatkan piala Adipura selama 4 tahun berturut-turut dan baru tahun 2011 ini saja tidak meraihnya, itu pun karena penilaian ditingkatkan. Salah satu upaya yang dilakukan, penanganan kebersihan dengan menambah kontainer sampah lagi di beberapa tempat,” kata pejabat Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kota Tarakan itu.

Rencananya, di akhir tahun akan ada penambahan 7 kontainer sampah di beberapa titik strategis. Sementara, sampah masyarakat dan pedagang yang sudah terkover ada di Pasar Gusher, KUA Tarakan Timur, dan di daerah Jalan Mulawarman.

“Titik lainnya akan kita bicarakan lagi nanti dimana baiknya. Tetapi saat ini kontainer yang ada di lapangan sudah maksimal penggunaannya. Ada pula yang sudah ada di halaman kantor DKPP dan siap untuk diangkut kapan saja,” imbuhnya.

Lalu, tidak hanya kontainer. Bak sampah yang terbuat dari plat besi dan fleksibel dapat dipindahkan setiap saat, yang sudah diletakkan di beberapa tempat, akan dievaluasi. Pasalnya, dari pantauan Radar Tarakan, dengan bak sampah plat justru bungkusan-bungkusan sampah rumah tangga ada yang masih dibuang oleh warga diluar bak sampah yang tersedia.

“Saat ini sudah ada 15 buah TPS yang sudah dibuat. Dan dikemas menggunakan plat besi sehingga bisa dipindahkan setiap saat. Jadi kalau ada warga yang keberatan di depan rumahnya dijadikan TPS, bisa langsung kita pindahkan,” jelas Agus lagi

Tujuan dibuatnya TPS dari plat besi ini, dikatakan Agus selain untuk mengantisipasi kemungkinan ada warga yang tidak setuju dengan adanya TPS ini juga agar TPS ini bisa berfungsi ganda karena tidak dibangun secara permanent. “TPS ini kan bisa dipindah dan tidak permanen. Jadi kalau lagi ada kegiatan yang membutuhkan TPS, bisa dimanfaatkan. Apalagi biasanya kalau sudah ada kegiatan keramaian sampah bisa berhamburan di jalan,”ungkapnya.

Penambahan TPS dan kontainer, dikatakan Agus juga sangat membutuhkan bantuan dukungan dana dari Anggota Komisi III DPRD Tarakan. Pasalnya semua dana yang mengalir di DKPP juga harus berdasarkan dari persetujuan dewan.

“Komisi III DPRD kan memang yang membidangi masalah kebersihan dan partner kerja DKPP. Jadi kami harapkan dukungan dari anggota dewan ini melalui persetujuan dana yang kami ajukan,” pungkasnya.(dta)

Sumber : radartarakan.co.id (2 Agustus 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com