Rabu, 03 Agustus 2011

Transaksi via ATM Meningkat di Awal Puasa

. Rabu, 03 Agustus 2011

TARAKAN – Penarikan uang melalui Anjungan Tunai Mandiri meningkat di awal Ramadan. Transaksi di ATM induk Bankaltim di Jalan Yos Sudarso misalnya, seperti disampaikan Pimpinan Bankaltim Cabang Tarakan Muhammad Hidayat, penarikan uang mengalami peningkatan. “Dari hari biasanya rata-rata Rp 250 juta, menjadi Rp 300 juta,” sebut Muhammad Hidayat.

Transaksi di sejumlah ATM Bankaltim dua hari sebelum datangnya Ramadan sebesar Rp 500 hingga Rp 750 juta. “Kalau transaksi tunai di hari pertama sebesar Rp 7,1 miliar,” kata mantan Pimpinan Bankaltim Tanjung Selor itu.

ATM Bankaltim saat ini berjumlah 4 unit. Meliputi 2 unit di areal Kantor Bankaltim Jalan Yos Sudarso, dan masing-masing satu unit di Grand Tarakan Mall dan RSUD Tarakan.

Peningkatan ini terjadi selain karena menyambut bulan Ramadan atau puasa juga bertepatan dengan tanggal 1 yang merupakan sebagai karyawan dan pegawai menerima gaji bulanannya.

Ia memperkirakan, penarikan uang melalui ATM selama Ramadan paling banyak terjadi pada pekan kedua dan ketiga bulan puasa. Pada saat itu masyarakat banyak yang berbelanja untuk mempersiapkan hari lebaran.

“Untuk mengantisipasi itu, kami telah menyiapkan kondisi ATM akan selalu baik dan kesiapan untuk isinya. Intinya isi uang di ATM selalu dimonitor setiap saat, termasuk pengamanannya,” kata Muhammad Hidayat.

Terpisah, Pimpinan BNI Cabang Tarakan Marolop Simbolo, mengakui, pada awal puasa kemarin transaksi di sejumlah ATM maupun tunai melalui teller belum mengalami kenaikan yang signifikan. “Masih normal, untuk ATM masih berkisaran Rp 250 juta,” sebutnya.

Namun berdasarkan pengalaman tahun lalu diperkirakan peningkatan transaksi khususnya via ATM akan terjadi satu atau dua minggu sebelum hari raya. Untuk itu, Simbolon mengaku, pihaknya tengah mengantisipasi untuk menyiapkan uang untuk kebutuhan masyarakat melalui ATM.

“Mulai tanggal 25 Agustus sampai tanggal 4 September nanti jauh hari sudah kita mengantisipasi untuk kebutuhan di ATM khususnya pada lebaran kali ini,” katanya.

Selama itu, kata Simbolon, dari 10 unit ATM BNI yang ada di Tarakan pihaknya telah mengutus petugas khusus untuk memantau kesiapan seluruh ATM tersebut. “Tak hanya teknis dan isinya, keamanannya juga tetap kami pantau terus,” jelas Simbolon.(sur)

Sumber : radartarakan.co.id (3 Agustus 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com