Selasa, 27 September 2011

DED Jembatan Bulan Rampung

. Selasa, 27 September 2011

Tarakan Kebagian Biayai 30 Persen

TARAKAN – Walikota Tarakan H Udin Hianggio mengatakan, pembahasan pembangunan jembatan Bulungan Tarakan (Bulan) yang dilakukan oleh Pemkab Bulungan dan Pemkot Tarakan hingga saat ini telah memasuki tahap perencanaan. “DED (Detail Engineering Design) sudah ada dan termasuk perencanaannya sudah ada. Dan InsyaAllah tahun depan kita anggarkan di APBD kota,” ujarnya.

Pembangunan jembatan Bulan yang menjadi lintas daerah itu diprediksi akan menelan biaya sebesar Rp 3 miliar sebagai tahap awal dan belum termasuk sokongan dana dari tiga kabupaten lainnya di utara Kaltim seperti Kabupaten Bulungan, Malinau dan KTT (Tana Tidung).

Untuk itu ia berharap, pembangunan jembatan Bulan ini juga mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat serta Pemprov Kaltim dalam jangka panjang. “Tinggal kita harapkan provinsi untuk menjadi penyokong utama. Artinya bagaimana kabupaten/kota ini duduk bersama-sama merancang untuk pembangunan jembatan Bulungan – Tarakan ini,” kata Haji Udin.

Selain itu, mantan Ketua DPRD Tarakan ini juga berharap untuk fisik pembangunan jembatan pada 2012 mendatang sudah dapat dianggarkan. “Secara pasti belum tahu berapa anggarannya, tapi menurut info tidak sampai Rp 500 miliar. Dan kita berharap proyek ini multiyears,” cetusnya.

Berapa anggaran yang akan dikucurkan dari masing-masing daerah? “Anggarannya dari semua daerah tergantung masing-masing daerah. Karena kepentingan daerah juga kita harus utamakan, jadi jangan juga kita mengebu-gebu agar pembangunan harus segera selesai dan ini bukan dana yang sedikit, mungkin triliunan,” jawabnya.

Jika jembatan Bulungan Tarakan ini terwujud, lanjut Udin, Ia memastikan roda pembangunan di semua sektor akan lebih mudah. “Khusus masalah Tarakan yakni bahan baku air, karena kalau selama dua minggu Tarakan tidak hujan betapa sulitnya di kota ini mencari air, jadi masalah yang paling utama adalah air akan terselesaikan jika jembatan itu terwujud,” bebernya.

Kalau jadi, jembatan Bulan ini adalah jembatan yang mempunyai akses jalan raya melalui darat sepanjang 13 km dengan jembatan diatas laut melalui tujuh pulau sepanjang 7 km.

Ketua DPRD Tarakan Effendhi Djuprianto menambahkan, tugas pokok kota Tarakan dalam wacana pembangunan jembatan tersebut sampai ke Pulau Sadau. “Kemungkinan Tarakan hanya mengeluarkan anggaran 20 hingga 30 persen dari biaya pembangunan jembatan itu. Selebihnya dari Kabupaten Bulungan serta melalui APBN Provinsi Kaltim,” katanya.

Mengenai berapa besaran anggaran yang akan dikeluarkan, menurut Effendhi, tergantung kemampuan keuangan Pemprov Kaltim. “Sekarang ini sudah dipersiapkan DEDnya, dari DED nanti baru ketahuan berapa anggarannya. Kalau DED diharapkan tahun ini sudah selesai,” ucap politisi Partai Golkar ini. (sur/iza)

Sumber : radartarakan (27 September 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com