Minggu, 11 September 2011

Dua Siswa Tarakan Terpilih Wakili Kaltim Ikut OSN

. Minggu, 11 September 2011

Ada Beban karena Bawa Nama sekolah, Tarakan, dan Kaltim

PRESTASI di bidang pendidikan terus lahir dari pelajar Tarakan. Tahun ini, Tarakan kembali mengirimkan 2 siswanya untuk mewakili Kaltim dalam perhelatan OSN tingkat SMA yang akan dilaksanakan pada 12-19 September di Manado. Keduanya adalah Hendi (sapaan akrab Hendi Lie) dan dan Nissa (sapaan akrab Hairun Nissa Tarakanita) yang saat ini tercatat sebagai siswa kelas 12 IPA-4 dan kelas 11 IPA-1 di SMA 1 Tarakan.

Menjadi kebanggaan tersendiri tentunya bagi masyarakat Tarakan atas prestasi yang ditunjukkan putra putri kita. Sebelum mengikuti OSN, terlebih dulu Hendi dan Nissa akan diberikan pemusatan latihan bersama perwakilan lainnya di Dinas Pendidikan Kaltim selama 2 hari sejak tanggal 9-10 September.

Kegiatan di Samarinda tersebut merupakan pembekalan kepada semua perwakilan Kaltim sebelum pertandingan yang akan dilaksanakan selama seminggu sejak di Manado.

Bagi Hendi, keikusertaan dalam OSN kali ini adalah untuk kali keduanya. Pada tahun 2010, pelajar kelahiran Tarakan 11 Maret 1995 ini telah merasakan ketatnya seleksi OSN yang dilaksanakan tingkat nasional. Meskipun belum berhasil, ia masih semangat dan percaya diri untuk mendulang sukses dalam kegiatan yang melombakan kecerdasan generasi muda tanah air ini.

Demikian juga dengan Nissa. Ia akan berusaha semaksimal mungkin untuk memetik hasil yang terbaik guna mengharumkan nama sekolah, kota maupun provinsi.

Sebelum bertanding, Hendi maupun Nissa telah melakukan sejumlah persiapan. Seperti pembinaan dari sekolah yang secara rutin dilakukan maupun belajar secara individu di rumah. Di SMA 1 memang telah dilakukan program bimbingan untuk Olimpiade Sains. Program ini telah lama dimasukkan dalam kegiatan ekstrakurikuler. “Kita punya program khusus untuk bimbingan Olimpiade Sains, tapi untuk tingkat kota dan provinsi saja. Jadi sejak awal kita sudah dilakukan bimbingan,” ujar Hendi diamini Nissa saat diwawancarai Radar Tarakan di sekolahnya Kamis (8/9).

Rasa bangga tentunya menyelimuti perasaan 2 siswa ini. Sebab tidak banyak yang mendapat kesempatan berharga seperti ini. “Bangga sekaligus ada beban. Sebab akan membawa nama sekolah khususnya, nama Tarakan juga Kaltim di tingkat nasional. Pastinya saya berharap dapat memberikan yang terbaik nantinya,” ujar Nissa yang lahir di Tarakan 11 Mei 1995 lalu ini. “Pastinya bangga sudah bisa lolos pada OSN tingkat nasional lagi dan kali ini berharap bisa memperoleh hasil yang lebih baik dari yang kemarin,” imbuh Hendi putra pasangan Alex GWL dan Veronica.

Tapi, Nissa berharap pada OSN tahun selanjutnya persiapan yang dilakukan lebih lama lagi. Sebab untuk persiapan yang dijalaninya saat ini sangat mepet dengan jadwal pertandingan. “Persiapannya kurang lama, apalagi kita jarang mendatangkan narasumber atau pengajar dari luar untuk menambah pengetahuan kita. Untuk bimbingan di sekolah kan hanya sampai pelaksanaan olimpiade sains tingkat kota dan provinsi saja, sedangkan tingkat nasional tidak ada, hanya ada pelatihan sekitar seminggu di luar kota,” tutur siswi pasangan Setijobudi dan Yayuk Suhartiningsih.

Terpisah, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Aswadi mengatakan, olimpiade sains tahun ini selain diwakili siswa tingkat SMA juga diikuti oleh perwakilan tingkat SD dan SMA. OSN tingkat nasional tingkat SMP sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu, dan Tarakan menorehkan prestasi dengan mendapatkan medali perunggu dari perwakilan SMP Tunas Kasih dalam bidang Matematika. Sedangkan untuk tingkat SD pelaksanaannya bersamaan dengan tingkat SMA di Manado pada 13-19 September nanti yang diwakili 1 orang.

“Sementara ini mereka akan diberikan training center di Samarinda selama 2 hari. Setelah training center tanggal 11 mereka akan langsung menuju Manado dari Samarinda. Kita mohon dukungan dan do’a dari masyarakat Tarakan agar mereka sukses dan dapat memberikan yang terbaik untuk Tarakan dan Kaltim,” harap pejabat Dinas Pendidikan Kota Tarakan itu. (***)

Sumber : radartarakan (10 September 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com