Minggu, 25 September 2011

Fokus di Wilayah yang Sering Banjir

. Minggu, 25 September 2011

KEGIATAN Bersih-bersih massal se-Kota Tarakan yang terlaksana Minggu (25/9) kemarin, juga mendapat dukungan masyarakat dari berbagai wilayah di Kota Tarakan. Warga di Jalan Cendrawasih, Kelurahan Karang Anyar Pantai misalnya, mereka beramai-ramai membersihkan jalan dan drainase di wilayah itu, bersama pihak kelurahan dan dibantu oleh perwakilan dari seluruh RT di Kelurahan Karang Anyar Pantai.

Lurah Karang Anyar Pantai, Nasir SH, yang ikut dalam kegiatan kemarin menyambut positif program ini. Dikatakannya, program pemerintah seperti ini bisa menumbuhkan kesadaran warga agar peduli dengan kebersihan lingkungan. “Paling tidak untuk menghindari penyakit demam berdarah,” kata Nasir.

Selain itu, warga juga tampak sangat antusias. Di RT 43, hampir semua warga yang tinggal di wilayah tersebut turut ambil bagian dalam kegiatan ini. Seperti dikatakan Ketua RT setempat, Widodo Dwi Santoso. Selain mendukung program bersih-bersih massal se-Kota Tarakan, juga berkenaan dengan giliran kerja bakti rutin yang telah diprogramkan kelurahan Karang Anyar secara bergilir di seluruh RT di kelurahan tersebut. “Alhamdulillah semua warga tampak antusias. Dalam kegiatan ini kita membersihkan drainase dan memangkas pohon yang sudah mulai rimbun. Kita juga membersihkan jalan yang banyak dipenuhi pasir,” kata Widodo kepada Radar Tarakan.

Selain RT 43, wilayah menjadi fokus kegiatan bersih-bersih di Kelurahan tersebut juga diikuti warga Karang Anyar lainnya. Di Jalan Flamboyan, tepatnya di kawasan RT 29, RT 8 dan RT 27, yang merupakan wilayah langganan banjir, juga dilakukan aktivitas ini. Selain itu di RT 02 juga melakukan kegiatan yang sama. Dikatakan Ketua RT setempat, Ariffin T, drainase di Jalan Seroja yang semula kedalamannya mencapai satu meter, saat ini tinggal kurang dari 40 centimeter. Sehingga meskipun hujan tidak deras, air tetap meluap karena drainase tidak lagi mampu menampung debit air hujan. “Luapan airnya bahkan sampai masuk ke rumah warga karena drainase sudah terlalu dangkal,” terang pria 69 tahun yang mengaku sudah menjabat sebagai ketua RT sejak 1976 silam itu.

PLN Ikut Aksi Bersih-Bersih Massal

Aksi bersih-bersih massal kemarin juga kembali mendapat dukungan penuh dari para karyawan PT Pelayanan Listrik Nasional (PLN) Tarakan. “Sebagai bukti dukungan kami untuk kota Tarakan, 30 persen lebih karyawan PLN kami ikut dilibatkan sejak pukul tujuh pagi tadi,” kata Sekretaris Perusahaan PLN Tarakan Muyoto usai melakukan aksi bersih-bersih tersebut kemarin.

Pada kegiatan aksi bersih-bersih ini, lokasi yang dibersihkan karyawan PLN Tarakan tak hanya terpusatkan di satu titik atau hanya di PLTU dan Kantor PLN Tarakan di Jalan Pangeran Diponegoro Gunung Belah, tapi kegiatan tersebut juga dilakukan di sekitar wilayah Gardu Induk PLN di Jalan Telaga Keramat Kampung Enam sekitar daerah Kelurahan Juata Laut.

Menurutnya, jika sekitar lingkungan kita kelihatan bersih maka secara otomatis nampak pemandangan yang sedap atau nampak indah dipandang mata dan bernilai hidup sehat. Kedepan ia mengharapkan kegiatan tersebut tak putus sampai disini saja, melainkan dapat terus berkelanjutan. Untuk itu, PLN Tarakan telah mencanangkan agenda bersih-bersih dilingkungan perusahaan penghasil tenaga listrik itu. (*/yan/sur/ash)

Sumber : radartarakan (26 September 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com