Selasa, 27 September 2011

Forensik Olah TPK Kebakaran Beringin

. Selasa, 27 September 2011

Puing Lampu dan Kilometer Listrik Diperiksa

TARAKAN - Setelah menunggu tim INAFIS (Indonesia Automatic Fingerprints Identification System) dari forensik Surabaya, akhirnya olah tempat kejadian perkara (TKP) pada musibah kebakaran di kawasan Beringin III, Tarakan, dilakukan Senin (26/9) siang kemarin.

Oleh TKP yang dipimpin AKBP Koesnadi dari Forensik Polri Cabang Surabaya itu langsung difokuskan ke rumah Ham, warga RT 5 Beringin III yang diduga asal muasal api. Dari pelaksanaan olah TKP kemarin ada beberapa puing bekas kebakaran diambil oleh forensik bersama INAFIS Polres Tarakan. Barang tersebut, seperti bak lampu 440 watt yang ada di ruang tengah rumah Ham. Selain itu kilometer listrik juga ikut diamankan.

Kapolres Tarakan AKBP Drs Agustinus Budi Prasetyo SH MH, melalui Kasubag Humas AKP Subarjo menjelaskan, setelah dilakukan oleh TKP, maka barang yang diambil itu akan dibawa ke labfor (laboratorium forensik) untuk diteliti apa penyebab terbakarnya.

Setelah dilakukan penelitian di forensik, barulah diketahui apakah musibah kebaran itu berasal dari hubungan pendek arus listrik atau penyebab lain.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kapolres Tarakan AKBP Drs Agustinus Budi Prasetyo SH MH menyatakan, dugaan awal terjadinya kebakaran, adalah terjadinya hubungan pendek arus listrik. Hal itu sesuai dengan keterangan beberapa saksi yang telah diperiksa oleh pihak kepolisian. “Bisa jadi, karena sebelum terjadinya kebakaran di daerah Beringin III sempat mati lampu 3 kali,” katanya. Nah, ketika listrik padam dan hidup secara terus menerus ini bisa membuat tekanan arus tidak stabil. Selain itu, di rumah penduduk juga sering ada sambungan “liar” yang sudah barang pasti sambungan itu asal-asalan yang bisa menimbulkan korsleting. Kebakaran di kawasan Beringin, Rabu malam (21/9) lalu menghabiskan puluhan rumah dan membuat ratusan kepala keluarga kehilangan tempat tinggal. Kerugian diprediksi mencapai Rp 10 miliar. (noi/iza)

Sumber : radartarakan (27 September 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com