Sabtu, 24 September 2011

Hari Ini, Mobilisasi Alat Berat Dekati Lokasi

. Sabtu, 24 September 2011

Besok Pagi, Aksi Bersih-Bersih Massal

TARAKAN – Minggu besok (25/9), Aksi Bersih-Bersih Massal se-Kota Tarakan akan dilaksanakan. Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh kelurahan. Untuk tingkat kota, kegiatan dipusatkan di Jalan Pangeran Diponegoro, Kelurahan Sebengkok, mulai depan kantor Bulog hingga Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut (Mako Lanal).

Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Tarakan, Subono Samsudi mengatakan, khusus kegiatan yang dipusatkan di Kelurahan Sebengkok, kemarin dan hari ini telah dilakukan persiapan.

“Besok (hari ini) mulai dilakukan mobilisasi alat berat,” kata Subono Samsudi kepada Radar Tarakan kemarin (23/9).

Pantauan wartawan koran ini sore kemarin, Lurah Sebengkok Rahmat Kartolo juga terlihat mengkoordinir sejumlah warga melepas papan jembatan yang menutupi sebagian saluran di jalan tersebut. Sehingga diharapkan tidak menyulitkan alat berat yang akan mengeruk sedimentasi pasir yang mengendap di sepanjang saluran tersebut.

“Jadi sedimentasi inilah yang mendangkalkan saluran dan menyebabkan daerah ini cepat terjadi banjir jika hujan mengguyur wilayah tersebut,” kata mantan kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Tarakan itu.

Masih dikatakan Subono, sejumlah instansi juga menyatakan siap berpartisipasi pada Aksi Bersih-Bersih Massal se-Kota Tarakan yang dilaksanakan besok.

”Dari PT Medco juga siap membantu di antaranya dengan menurunkan armadanya. Begitu juga dengan PT Pertamina dengan alat beratnya, di samping alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum,” sebutnya.

Dinas Pendidikan Kota Tarakan juga menyatakan siap mendukung sepenuhnya kegiatan Aksi Bersih-bersih Massal se-Kota Tarakan besok pagi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tarakan Tajuddin Tuwo mengatakan, seluruh sekolah mulai dari tingkat Taman Kanak-kanak hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas akan dilibatkan dalam aksi peduli lingkungan tersebut.

“Semua pelajar yang ada di Tarakan mulai dari TK sampai SMA akan kita libatkan dalam Aksi Bersih-Bersih Massal se-Kota Tarakan ini dalam rangka membiasakan diri dalam menjaga kebersihan Kota Tarakan,” kata Tajuddin Tuwo kepada Radar Tarakan kemarin (23/9).

Agar dalam kegiatan Aksi Bersih-Bersih Massal se-Kota Tarakan itu tepat sasaran, Dinas Pendidikan Kota Tarakan telah menetapkan zona atau wilayah yang akan dibersihkan seluruh pelajar se-Tarakan.

“Semua sekolah memiliki zona khusus untuk membersihkan lingkungannya yang diketuai oleh kepala sekolahnya masing-masing,” kata mantan kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Tarakan ini.

Intinya lingkungan di sekitar sekolah dalam kegiatan Aksi Bersih-Bersih Massal se-Kota Tarakan besok pagi, kata dia, menjadi tanggung jawab sekolah masing-masing. “Misalnya untuk SMP 1 zonanya ditetapkan mulai di depan sekolah di Jalan Pangeran Diponegoro sampai di depan Distributor Semen Garindo, kemudian dilanjutkan SMK 1, SMP 7 dan MTS Al Khairat sampai di sekitar Sebengkok AL,” sebutnya.

Lebih lanjut Tajuddin juga menyampaikan, siswa SMA 1 Tarakan juga akan diarahkan di sekitar wilayah Kelurahan Sebengkok. Sementara SMP 2 dan SMP Tunas Kasih Tarakan mendapat tugas membersihkan lingkungan di sekitar Jalan KH Dewantara hingga komplek pertokoan THM. “SMP 4 di sekitar wilayah Selumit bersama SD dan SMP Muhammadiyah Tarakan,” katanya.

Sementara itu, SMA Hang Tuah ditempatkan di Jalan Martadinata hingga ke Jalan Imam Bonjol, Markoni, yang kemudian dilanjutkan SMP Katolik dan SMA Don Bosco hingga ke Jalan Kusuma Bangsa.

Sekolah-sekolah lainnya seperti SMA 2 dan SMP 3, SMP 5 Tarakan serta sekolah yang ada di luar pusat kota seperti di Tarakan Utara juga akan terlibat dalam aksi ini di sekitar lingkungan sekolahnya masing-masing yang tengah dikoordinir oleh Forum Komunikasi Sekolah.

“Aksi Bersih-Bersih Massal se-Kota Tarakan ini harus didukung semua pihak, siswa, orang tua serta masyarakat umum agar Tarakan tetap kelihatan bersih, dan pelaksanaan pendidikan juga bisa berjalan dengan baik,” pungkas Tajuddin Tuwo.(ipk/sur/ris)

Sumber : radartarakan (24 September 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com