Selasa, 27 September 2011

Mentan Tolak Wacana Pembubaran Bulog

. Selasa, 27 September 2011

TARAKAN - Menteri Pertanian RI Insinyur Haji Suswono menyatakan, menolak secara mentah-mentah terkait menaggapi wacana pembubaran Badan Urusan Urusan Logistik (Bulog) yang dilontarkan Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Oesman Sapta Oedang belum lama ini.

Menurutnya, wacana pembubaran tersebut bukan solusi yang jitu untuk keluar dari sebuah persoalan yang dihadapi Bulog saat ini. “Saya kira tidak perlu seperti itu, kalau toh Bulog ini kinerjanya belum bagus tinggal dibenahi saja,” tegasnya kepada wartawan saat transit di Bandara Juwata Tarakan, Minggu (25/9) lalu.

Sebab, lanjut dia, berdasarkan Instruksi Presiden nomor 8 tahun 2011 Bulog dapat membeli jatah atau beras petani sesuai harga pusat yang tak lagi ditentukan oleh Harga Pokok Penjualan (HPP) melainkan mengikuti harga pasar.

“Bulog sekarang sudah bisa leluasa untuk bisa membeli gabah maupun beras petani, jadi tidak ada alasan untuk membubarkan Bulog,” tandas Mentan.

Lantas apa yang harus dilakukan Bulog? Menurutnya, hal terpenting yang harus dilakukan Bulog saat ini adalah membangun kinerja yang super cepat dengan cara menjemput bola ke petani melalui satgas-satgas yang dimiliki Bulog.

“Jangan mengandalkan atau tergantung pada mitra Bulog, karena mitra Bulog ini kan pedagang, kalau dijual di pasar lebih menguntungkan dan pastinya mitra itu tidak akan memberikannya ke Bulog. Jadi ini yang harus bisa diatasi Bulog,” jawab politis Partai Keadilan Sejahteran kepada wartawan Koran ini. Yang terpenting menurutnya, bagaimana kinerja Bulog bisa dibenahi secara serius.

Sekadar diketahui, Ketua Umum HKTI Oesman Sapta Oedang sempat medesak pemerintah pusat untuk membubarkan Bulog. Pasalnya, keberadaan Bulog selama ini dinilai hanya menjadi mitra pedagang bukan menjadi mitra petani. (sur/har)

Sumber : radartarakan (28 September 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com