Senin, 26 September 2011

Menteri Pertanian Bantah Data BPS

. Senin, 26 September 2011

TARAKAN – Meskipun Pemerintah telah mencanangkan swasembada pangan di 2014, namun data Balai Pusat Statistik (BPS) hingga Agustus 2011 cukup mencengangkan. Pasalnya, 60 persen pangan Indonesia dinyatakan masih berasal dari luar. Bahkan, salah satu pangan yang diimpor adalah beras.

Menanggapi hal ini Menteri Pertanian RI Suswono, membantahnya. Menurut Suswono, secara keseluruhan hasil sektor pertanian Indonesia masih tergolong surplus. Bahkan, hingga pertengahan Juli 2011, pangan Indonesia surplus sekitar USD 12 miliar.

“Kalau kita bicara pertanian secara keseluruhan sebetulnya kita ini masih surplus. Sampai semester pertama di 2011 kita surplus sekitar USD 12 miliar,” terangnya kepada tribunkaltim.co.id, Minggu (25/9/2011) malam di Bandara Juwata Tarakan.

Angka tersebut, lanjutnya, dicapai melalui beberapa komoditi unggulan seperti Crude Palm Oil (CPO), kakao, dan karet. Kendati demikian Suswono juga tidak menampik jika masih ada beberapa komoditas lainnya yang masih memerlukan impor, seperti gula dan kedelai.

“Jadi seperti CPO, kakao, karet, ini produk perkebunan unggulan kita. Ini yang memberi devisa cukup besar. Ya tetapi memang ada beberapa komoditas yang kita juga perlukan impor karena belum sepenuhnya bisa dipenuhi dari dalam negeri,” pungkasnya.

Meski demikian, Suswono tetap optimis pencapaian surplus pangan di 2014 bisa terwujud. “Sejauh dukungan lahannya ada, kita optimis bisa swasembada kedelai, gula, dan lainnya. Tapi ini kan persoalannya di lahan, coba kalau lahannya tidak ada tambahan paling lahan-lahan padinya beralih fungsi. Contohnya di Sumatera Selatan sudah banyak yang beralih ke sawit. Saya tidak tahu kalau di Kalimantan, mudah-mudahan tidak. Jadi perlu tambahan lahan untuk produksi gula dan kedelai, supaya tidak thread off,” pungkasnya.

Penulis : Syaiful Syafar
Editor : Reza Rasyid Umar
Sumber : Tribun Kaltim

Sumber : tribunnews (26 September 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com