Selasa, 27 September 2011

Pemkot Lirik Rumah Murah Rp 15 Jutaan

. Selasa, 27 September 2011

Disiapkan untuk Relokasi Warga Sebengkok

TARAKAN – Pemerintah Kota Tarakan tampaknya tertarik dengan program rumah murah yang digelontorkan Kementerian Perumahan Rakyat. Bahkan pemerintah kota Tarakan siap untuk menjadi salahsatu daerah pelaksana jika Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) memberikan jatah rumah murah tersebut untuk di Tarakan. “Ini ada program rumah murah dari Kementerian Perumahan Rakyat untuk masyarakat kecil, harganya berkisar antara Rp 15 sampai 30 juta. Kita hanya menyiapkan lahan dan anggaran untuk sarana dan prasarana dibantu dari kementerian perumahan rakyat,” kata Walikota Tarakan H Udin Hianggio.

Menurutnya, program rumah murah ini adalah program baru. Berbeda dengan proyek pembangunan perumahan PNS yang saat ini sedang dibangun pemerintah kota melalui Perumnas, yang juga program dari Kemenpera. Bedanya, rumah PNS yang akan dibangun sebanyak 1.500 rumah ini memang sudah ada ketentuan standarisasinya. Sementara rumah murah untuk masyarakat umum ini, bahan bakunya lebih mengandalkan produk lokal. “Kalau untuk rumah murah bahan bakunya semua diproduksi lokal, sehingga kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah,” ujar walikota.

Dia meyakini, dengan mengandalkan produk bahan baku lokal, tentu pengembang yang ditunjuk oleh pemerintah nanti akan dapat menekan harga. Rencananya, jika jadi dibangun di Tarakan, proyek pembangun rumah murah tersebut akan disiapkan pemerintah kota salahsatunya untuk merelokasi rumah-rumah warga yang saat ini masih berada di bantaran Sungai Sebengkok. “Kalau mereka (warga Sebengkok) mau untuk direlokasi pemerintah kota akan siap untuk menempatkan mereka di rumah murah nanti sebagai ganti rugi lahan mereka,” jelas Udin Hianggio.

Persoalan modal, apakah sudah ada bank pemerintah atau swasta yang siap untuk menyiapkan modal untuk rumah murah tersebut, walikota memang belum dapat memastikannya. “Yang penting program ini bisa masuk ke kita dulu. Dan pemerintah menyiapkan lahan. Soal teknis kita lihat nanti,” tegasnya. Khusus untuk rumah murah ini, tambahnya, pemerintah kota hanya menyiapkan lahan sekitar dua sampai tiga hektare dalam satu areal. “Memang kecil, karena rumahnya juga tipe kecil. Namanya juga rumah murah tapi layak huni,” tuturnya. Meski belum dapat memastikan berapa banyak rumah murah yang akan dibangun, pihaknya meyakinkan bahwa rumah murah untuk warga masyarakat Tarakan tersebut akan dibangun di wilayah Kecamatan Tarakan Utara.(ddq/ndy)

Sumber : radartarakan (28 September 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com