Jumat, 30 September 2011

Pendataan, Tunggu Kesiapan Warga

. Jumat, 30 September 2011

Soal Pembongkaran Rumah di Bantaran Sungai Sebengkok

TARAKAN – Hingga kemarin (30/9), wacana pembenahan sungai-sungai di Tarakan yang berakibat pada pembongkaran rumah warga yang berada di bantaran sungai khususnya di wilayah Kelurahan Sebengkok untuk didata Pemerintah Kota melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang belum dilakukan.

Sebab, pihak DPUTR Tarakan mengaku selain belum menerima instruksi dari Walikota Tarakan juga perlu beberapa kajian untuk melakukan hal tersebut salah satunya sosialisasi ke warga setempat serta relokasi atau pemindahan.

“Untuk di Sebengkok belum kita data, namun memang konsepnya sudah ada tapi kita harus tunggu kesiapan warga dan kesiapan pemerintah kota terutama masalah anggarannya,” kata Kepala DPUTR Tarakan Ir Jamaluddin kepada Radar Tarakan kemarin (29/9).

Jamaluddin mengatakan, tak ada konsep yang istimewa dalam wacana pembongkaran pemukiman warga di atas Sungai Sebengkok Kelurahan Sebengkok. Intinya, lanjut Jamaluddin, telah dibuatkan konsep seperti biasa yakni berupa saluran primer.

“Artinya di situ nantinya seharusnya ada jalan inspeksi yang berfungsi untuk mengontrol serta pengawasan. Contohnya yang sudah kita buat di Sungai Mulawarman Kelurahan Karang Anyar Pantai. Tapi sekali lagi wacana ini belum sampai di situ,” katanya. Sebab, kata dia, untuk memulai pembongkaran pemukiman di bantaran sungai itu diperlukan berbagai macam perencanaan yang harus dibahas semua pihak terkait.

Jamaluddin mengungkapkan, wacana ini sebetulnya merupakan program kerja Pemkot Tarakan yang telah dicanangkan beberapa tahun lalu. Namun, wacana tersebut selalu terbentur pada masalah ganti rugi lahan serta belum ada kesiapan dari masyarakat setempat.

“Jadi sebaiknya ini harus dilakukan beberapa tahapan seperti sosialisasi, perencanaan dan anggaran. Tapi sampai saat ini belum, kalau soal anggaran belum kita anggarkan,” katanya kepada wartawan koran ini.

Berapa prediksi anggaran jika itu dilakukan? “Kalau soal anggaran dan jumlahnya warganya kami belum bisa prediksi. Begitu juga berapa panjang sungai Sebengkok itu saya belum hafal,” jawab Jamaluddin.(sur)

Sumber : radartarakan (30 September 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com