Sabtu, 24 September 2011

Promosi Produk Lokal Lewat Expo Internasional

. Sabtu, 24 September 2011

Satu Stan Dipatok Rp 10 Juta

TARAKAN- Upaya pemerintah Kota Tarakan untuk memperkenalkan serta mempromosikan produk-produk unggulan Tarakan terus dilakukan.

Selain mengikuti expo di luar Tarakan baik tingkat provinsi, nasional hingga mancanegara seperti ke Negara tetangga. Bahkan Oktober bulan depan, dalam rangka menjelang hari jadi Kota Tarakan ke-13 tahun kali ini, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Tarakan kembali akan menggelar sebuah pameran akbar.

Even akbar itu akan digelar pada Oktober dan Desember mendatang. Khusus di bulan Oktober, even yang digagas oleh Disperindagkop Tarakan ini dengan nama Tarakan International Expo (TIE) merupakan pergelaran yang kali pertamanya di Utara Kaltim di tingkat Nasional dengan salah satu tujuan memperkenalkan produk-produk lokal kepada dunia luar.

“Untuk kegiatan TIE nanti peserta yang datang bukan hanya dari daerah Tarakan dan Kaltara saja, tetapi juga dari daerah lain dari luar Kalimantan. Bahkan dari Negara tetangga seperti Malaysia, Filipina dan Brunei,” kata Panitia pelaksana, Rury Indah kepada Radar Tarakan, kemarin (23/9).

Pameran itu rencananya akan digelar pada 6-10 Oktober mendatang di Tarakan Tenis Indoor Keramat.

Dijelaskan, dalam pameran TIE itu mempromosikan produk-produk unggulan Indonesia melalui wilayah perbatasan. Serta membangun jaringan bisnis dan peluang ekspor, membangun UKM yang berpotensi ekspor untuk dapat melakukan ekspor dan memperluas pasar ke Mancanegara. Seperti produk agribisnis, teknologi informasi dan komunikasi, pariwisata, tekstil dan produk tekstil, alas kaki, otomotif, produk mebel, aneka kerajinan.

Termasuk didalamnya akan memamerkan berbagai produk lokal. Seperti hasil-hasil industry, produk UKM, hasil pertanian, berbagai kuliner hingga produk otomotif dan pertambangan.

“Partisipasi dalam pameran internasional ini berasal dari instansi pemerintah, pemerintah kota, kabupaten dan provinsi, BUMN dan BUMD, perusahaan ekspor di Kalimantan, ekspor nasional dan swasta,” katanya.

Khusus untuk even TIE, pihak panitia menyediakan sebanyak 60 stand dengan harga sewa setiap stand dipatok Rp 10 juta. Pameran ini akan berlangsung dari pagi hingga malam hari. “Sudah ada 30 stand yang terisi atau yang mendaftar, sebenarnya batas pendaftaran dibuka sampai tanggal 25 September. Tapi kita majukan sampai batas waktu tidak ditentukan khusususnya kesempatan bagi lokal,” pungkas Ruri kepada wartawan ini. (sur/har)

Sumber : radartarakan (24 September 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com