Kamis, 22 September 2011

Ratusan Warga Tarakan Kehilangan Rumah

. Kamis, 22 September 2011

TARAKAN - Ratusan warga yang bermukim di kawasan Beringin, Jl Yos Sudarso, Kelurahan Selumit Pantai, Kecamatan Tarakan Tengah, masih shock akibat kebakaran yang menghanguskan rumah mereka, Rabu (21/9/2011) malam.

Meski sudah berhasil dipadamkan, namun sebagian warga dan petugas masih tampak membersihkan sisa-sisa puing bangunan yang habis dilalap api.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 21.00 itu, menghanguskan ratusan rumah dan dua bangunan masjid. Diketahui, Tim dari Pemadam Kebakaran baru berhasil menjinakkan api sekitar pukul 24.00, dengan mengerahkan 12 armada pemadam yang dibantu mobil pemadam dari Dishutamben, Pertamina dan Medco E & P Tarakan.

Hujan yang sempat mengguyur Kota Tarakan sekitar dini hari, juga membantu pemadaman api.

Berdasarkan data sementara dari pihak Kelurahan Selumit Pantai, hingga Kamis (22/9/2011) siang tercatat sebanyak 103 rumah yang habis dilalap si jago merah. Sementara, sebanyak 133 Kepala Keluarga dan 533 jiwa kehilangan tempat tinggal. Musibah tersebut melanda dua RT di Keluarahan Selumit Pantai, yakni RT 3 dan RT 5. Ditaksir kerugian mencapai hingga miliaran rupiah.

Meski Pemkot Tarakan telah menyediakan penampungan di Mako Lanal Tarakan, namun belum satu pun warga yang mau dievakuasi. Warga lebih memilih mengungsi ke rumah-rumah keluarga, dan sebagian lainnya bertahan di lokasi kebakaran sambil memungut barang-barang yang terselematkan.

H Dahlan (64), warga korban kebakaran enggan menempati Posko Pengungsian di Mako Lanal. Sejak mendengar kabar kebakaran, keluarga yang bermukim di Kelurahan Juwata Permai datang menjemputya. Barang-barang milik H Dahlan tak sempat diselamatkan mengingat api berkobar begitu cepat.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Tarakan Nasib mengatakan, sejak kebakaran Rabu (21/9/2011) malam pihaknya telah menyediakan Posko Pengungsian untuk para korban di Mako Lanal, namun hingga kini belum ada satupun keluarga korban yang berminat menempatinya. Padahal, posko tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas berupa tenda, dapur umum, dan sarana MCK.

Dinsosnaker saat ini menerjunkan sebanyak 50 personel dari satuan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) yang ditugaskan di Posko Penerimaan Bantuan dan Posko Pengungsian. Relawan tersebut saling bahu membahu dengan relawan Palang Merah Indonesia (PMI), dan unsur TNI/Polri.

"Kita sudah terjunkan 50 personel dari PSM Dinsosnaker, mereka akan tetap bertugas sampai kondisi ini betul-betul pulih dan kondusif," terang Nasib. (*)

Penulis : Syaiful Syafar
Editor : Sumarsono

Sumber : tribunnews ()

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com