Minggu, 11 September 2011

Sekolah Dilatih Penggunaan BOS

. Minggu, 11 September 2011

TARAKAN – Hari Ini (senin 12/9) Dinas Pendidikan (Disdik) mengadakan pelatihan pengelolaan Bantuan Operasi Sekolah(BOS) untuk sekolah tingkat SD/MI dan SMP/MTS se-Tarakan. Kurang lebih 85 sekolah baik swasta maupun negeri mengikuti pelatihan yang dipusatkan di SMP 1 ruang pertemuan lantai 2 dan 3. Setiap sekolah diwakili sedikitnya 3 orang yang terdiri dari kepala sekolah, bendahara BOS sekolah dan satu perwakilan orang tua murid atau komite sekolah. “Jadi jumlah peserta seluruhnya sekitar 255 orang,” terang Ransen Yusuf Koordinator Pengawas Disdik, Minggu (11/9).

Dari 255 peserta ini akan dibagi menjadi 4 kelas dalam proses pelatihan. Jadi tiap kelas nantinya berisi sekitar 20-an peserta agar pelaksanaan pelatihan menjadi lebih efektif. Kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan selama 6 hari, yakni pada tanggal 12 (hari ini) sampai 14 September untuk 2 kelas pertama dan dilanjutkan 19-21 untuk kelas kedua. Khusus untuk sekolah swasta yang belum terakreditasi, waktu pelatihan akan ditambah sehari. “Ada sekitar 8 sekolah swasta SD dan SMP yang belum terakreditasi kita tambah sehari lagi waktu pelaksanaannya pelatihannya, yakni pada 19 hingga 22 September nanti,” imbuh Ransen.

Dalam pelatihan ini Disdik akan menghadirkan pelatih atau narasumber dari kepala sekolah dan pengawas yang sebelumnya telah mengikuti Trainer Of Training (TOT) tingkat nasional sebanyak 4 orang. Jadi setiap kelas akan ditangani oleh TOT sebanyak dua orang selama tiga hari penuh.

Melalui media pelatihan pengelolaan BOS ini setiap sekolah akan diberikan pemahaman yang sama tentang pengelolaan dan pemanfaatan dana BOS dengan benar. Sehingga tujuan transparansi, akuntabel, tertib administrasi, efisien dan efektif dalam mengelola dana BOS oleh sekolah yang menerima bantuan BOS dari pemerintah dapat tercapai.

“Mudah-mudahan dengan pelatihan pengelolaan BOS ini setiap warga sekolah bisa melaksanakan, merencanakan, mengadministrasikan dan melaporkan penggunaan dana BOS secara baik dan benar,” harap Pengawas Sekolah ini. (jnu)

Sumber : radartarakan (12 September 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com