Selasa, 20 September 2011

Selidiki Satu Penjambret Lagi, Dikabarkan Sudah Keluar Tarakan

. Selasa, 20 September 2011

TARAKAN - Setelah melakukan penyidikan secara maraton, akhirnya kedua penjambret yang diamankan polisi Kamis lalu (15/9) buka mulut. Misalnya tersangka AD mengaku sudah 8 kali menjambret dengan lokasi kejadian berbeda-beda dan rata-rata di jalan protokol. Tersangka SJ mengaku hanya dua kali menjambret, itu pun dilakukan bersama AD.

Kapolres Tarakan AKBP Drs Agustinus Budi Prasetyo SH MH, melalui Kasubag Humas AKP Subarjo mengatakan, dari 8 kejadian yang dilakukan kedua tersangka ini, ada yang selama puasa dan ada yang baru dilakukan sepanjang September.

Menurut Subarjo, dalam keterangan kedua tersangka memang menyebutkan satu nama lagi. Namun bersangkutan sudah berada di luar Tarakan, sehingga perlu dilakukan penyelidikan.

“Kami perlu melakukan penyelidikan terlebih dahulu, apakah masih berada di sekitar wilayah utara atau sudah jauh. Setelah mengetahui keberadaannya, barulah dilakukan pengejaran,” kata Subarjo.

Terhadap kedua pelaku penjambretan yang telah diamankan itu, kata Subarjo lagi, dilakukan penyidikan dengan sangkaan melanggar pasal 365 KUHP subsider melanggar pasal 363 KUHP yang ancaman hukumannya di atas 5 tahun penjara.

Selain melakukan penyelidikan terhadap pelaku yang telah diketahui identitasnya, langkah polisi untuk menekan angka jambret saat ini adalah penempatan anggota pada pos-pos yang dianggap rawan terhadap jambret.

“Sejak hampir sepekan ini ada polisi yang di tempatkan di beberapa titik, justru belum ada kejadian penjambretan,” terangnya.

Ini menandakan pelaku dapat membaca situasi kota ketika berniat melakukan aksinya di jalan-jalan seperti yang terjadi selama ini. Selain penempatan anggota polisi di pos-pos tertentu, langkah lainnya adalah penertiban pendatang baru di Pelabuhan Malundung pasca Lebaran. Sebab tidak menutup kemungkinan, pendatang baru yang tidak mempunyai pekerjaan tetap itulah yang melakukan penjambretan di kota ini.(noi/ris)

Sumber : radartarakan (20 September 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com