Kamis, 29 September 2011

Tingkatkan Kualitas Jalan, Target Selesai Akhir Tahun

. Kamis, 29 September 2011

TARAKAN – Beberapa sudut jalan Kota Tarakan banyak dipasang rambu tanda berhati-hati bagi pengendara kendaraan bermotor yang melintas. Hal ini terkait adanya pengerjaan proyek jalan untuk meningkatkan kualitasnya. Seperti terlihat di Jalan Jenderal Sudirman, Teuku Umar, Halmahera dan jalan-jalan lainnya. Peningkatan kualitas jalan ini memakai posting anggaran yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) murni Tahun Anggaran 2011.

Dikatakan Haidir, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Tara Ruang (DPUTR), saat ini ada beberapa proyek jalan yang sedang dikerjakan. Seperti Jalan Jederal Sudirman yang sedang dilakukan pelebaran jalan dan meneruskan sebagian tutup drainase yang sekaligus sebagai trotoar jalan. Panjang pengerjaannya kurang lebih sekitar 400 meter dengan lebar ukuran variatif. “Untuk pelebaran jalan Jenderal Sudirman ini sekitar 1,5 meter hingga 4 meter,” ungkapnya. Pos anggaran yang disediakan untuk kegiatan tersebut sebesar Rp 1,1 miliar.

Peningkatan kualitas jalan berupa pelabaran ini juga sebagai penambahan kapasitas jalan yang semakin tahun berkurang karena disebabkan makin bertambahnya jumlah kendaraan roda dua dan roda empat. Sedangkan jalan lainnya yang juga sedang dilakukan peningkatan adalah Jalan Halmahera dengan panjang kurang lebih 200 meter. Anggaran yang dipakai untuk pengerjaan ini sekitar Rp 1,3 miliar yang juga berasal dari APBD murni tahun 2011.

Selain dua paket tersebut, Jalan Teuku Umar yang berada di daerah Markoni juga saat ini dilakukan perbaikan dari segi kualitas. Pengerjaan jalan Teuku Umar ini kurang lebih sepanjang 500 meter dengan menggunakan annggaran sekitar Rp 2,2 miliar. “Anggaran tersebut dipakai untuk paket upgrade jalan, serta pembuatan parit kecil dan pengerjaan trotoar,” jelas Haidir yang juga menyampaikan bahwa paket yang sedang dikerjakan saat ini adalah Jalan Flamboyan. “Jalan Flamboyan akan ditingkatkan kualitasnya sepanjang 200 meter. Selain itu juga kita buatkan drainase dan pembuatan jalan eksisting,” imbuhnya.

Kegiatan pelebaran dan perbaikan jalan ini ditargetkan selesai dalam waktu dekat untuk kemudian dilakukan pengaspalan. Proyek pengerjaan peningkatan jalan ini ditarget selesai pada tahun 2011 ini dengan proyek-proyek lainnya. “Selain proyek multiyears yang saat ini dikerjakan seperti perpanjangan pelabuhan Tengkayu I dan pembangunan jalan dari Karungan ke Tanjung Pasir, semua ditarget selesai pada akhir tahun ini,” jelasnya. (jnu/ash)

Sumber : radartarakan (29 September 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com