Senin, 05 September 2011

Warga Muhammadiyah Tarakan Shalat Id di Lapangan Pelabuhan Ten Kayu

. Senin, 05 September 2011

TARAKAN - "Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, La ilaha ilallah huwalallahu akbar, Allahu Akbar walillahil hamdu". Gema takbir berkumandang dari lapangan pelabuhan Ten Kayu I Kota Tarakan, Selasa (30/8/2011) pagi ini.

Ribuan umat muslim dari kalangan Muhammadiyah kota Tarakan menggemakan takbir sebagai tanda 1 Syawal 1432 H. Selepas shalat Shubuh, satu persatu umat muslim Muhammadiyah berdatangan di lapangan sambil terus menyerukan lantunan takbir.

Mereka menunaikan shalat Id setelah PP Muhammadiyah resmi mengumumkan 1 Syawal jatuh pada hari ini. Bertindak sebagai Khatib dalam shalat Id tersebut adalah KH Siswanto SAg yang juga selaku Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kaltim. Sementara Imam diisi Ahmad Syauqi, Imam besar masjid Al Amin kota Tarakan.

Dalam kesempatan tersebut, Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Tarakan Syamsi Sarman sempat memberikan sambutan dihadapan ribuan jamaah shalat Id. Ia mengatakan, terkait dengan sikap Muhammadiyah yang memutuskan 1 Syawal jatuh pada hari ini, adalah keyakinan yang benar secara Syar'i dan bisa dipertanggungjawabkan berdasarkan Al Quran dan Sunnah. Untuk itu ia menghimbau jamaah tidak ragu dalam menunaikan shalat Id kali ini.

Selain itu, warga Muhammadiyah kota Tarakan juga dihimbau untuk tidak merayakan lebaran secara demonstratif atau berlebihan mengingat harus menghormati umat muslim lainnya yang masih menjalani ibadah puasa. "Silahkan kita bersilaturahmi secara internal, tanpa harus merayakannya secara demonstratif. Jangan sampai apa yang kita rayakan justeru mengganggu puasa saudara-saudara kita yang lain," terangnya.

Usai menunaikan shalat Id, ribuan jamaah satu persatu bersalaman dan berpelukan, lalu bertolak pulang dengan tertib.

Selain di lapangan pelabuhan Ten Kayu I, shalat Id juga digelar di dua titik lainnya di kota Tarakan, yakni di masjid Jabal Nur Kelurahan Juata Laut dan masjid Al Mujtahidah Kelurahan Mamburungan. (*)

Penulis : Syaiful
Editor : Fransina

Sumber : tribunnews (30 Agustus 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com