Senin, 03 Oktober 2011

e-KTP Launching Perdana di Tarakan

. Senin, 03 Oktober 2011

TARAKAN - Setelah sempat tertunda dari jadwal yang ditetapkan sebelumnya, penerapan Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP di kota Tarakan akhirnya dilaunching perdana, Senin (3/10/2011) siang.

Launching digelar di basement gedung Gadis jalan Jenderal Sudirman, yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua DPRD Tarakan Effendi Djufrianto dan disaksikan Walikota Tarakan Udin Hianggio. Turut hadir dalam kesempatan itu Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Tarakan, serta beberapa tamu undangan dari Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Berau, Bulungan dan Tana Tidung.

Dalam kesempatan itu, Walikota Tarakan Udin Hianggio beserta Ketua DPRD Tarakan Effendi Djufrianto dan jajaran FKPD kota Tarakan langsung melakukan perekaman biometrik di pusat pelayanan yang terletak di basement gedung Gadis.

Pantauan tribunkaltim.co.id, sedikitnya ada 4 bilik yang tersedia untuk melayani perekaman biometrik kepada wajib KTP. Dimana jumlah alat yang digunakan sebanyak 6 set, dengan melibatkan 3 tenaga operator tiap setnya.

Sistem perekaman dimulai dari merekam photo, sidik jari, retina mata, dan tanda tangan kepada setiap wajib KTP. Data tersebut selanjutnya ditransfer secara online kepada Kemdagri untuk proses pembuatan eKTP.

Kepala Disdukcapil Tarakan M Nuch Galeba mengatakan, dengan dilaunchingnya eKTP tersebut maka pihaknya siap melayani sebanyak 170.542 wajib KTP di kota Tarakan. Jadwal pelayanan akan dibuka setiap hari tanpa hari libur, kecuali hari besar nasional.

“Terhitung mulai hari ini kita siap melayani wajib KTP dari pukul 08.00 sampai pukul 22.00 setiap harinya, yang dipusatkan di gedung Gadis ini,” terangnya.

Penulis : Syaiful Syafar
Editor : Reza Rasyid Umar
Sumber : Tribun Kaltim

Sumber : tribunnews.com (3 Oktober 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com