Jumat, 07 Oktober 2011

Kepsek Harus Kuasai Manajemen

. Jumat, 07 Oktober 2011

BESAR harapan untuk 51 kepala sekolah yang dilantik kemarin. Terutama ke-32 nama yang baru menjabat sebagai kepala sekolah. Harapan di antaranya disampaikan mantan kepala sekolah.

Ahmad Silitonga SE MA, mantan kepala SD 001 Tarakan berharap, penggantinya dapat menjalankan amanah.

“Semoga mereka bisa lebih unggul lagi, lebih maju lagi, lebih akurat lagi dan kita harus sama-sama optimis bahwa mereka bisa,” kata Ahmad Silitonga.

Ada beberapa hal yang disarankannya kepada penggantinya. Selain memimpin sekolah, kepala sekolah juga harus mampu menguasai manajemen. Antara lain mengatur hal-hal yang menyangkut administrasi serta hal lainnya dalam lingkungan sekolah agar berjalan dengan baik dan sejalan dengan visi misi pendidikan Kota Tarakan.

“Seorang kepala sekolah juga harus bisa menguasai materi pelajaran. Sebab salah satu patokan untuk bertanya bagi seorang guru adalah kepala sekolah jika seandainya suatu saat ada salah satu guru yang mengalami kesukaran dalam mata pelajaran,” bebernya.

Kepala sekolah harus mampu menjawab dan menjelaskan apa yang tidak dimengerti atau ada yang kurang jelas pada setiap mata pelajaran.

“Kalau kepala sekolah tidak bisa menjelaskan apa yang ditanyakan guru, semuanya akan sia-sia. Jadi seorang kepala sekolah harus unggul, baik mata pelajaran maupun manajemen,” saran Ahmad Silitonga.

Legan Imang SPd, mantan kepala SD 013 juga menyampaikan, sebagai insan pendidik untuk membangun Tarakan menjadi sebuah kota pendidikan harus kembali pada tiga pilar pembangunan Kota Tarakan, yang salah satunya adalah pilar supremasi hukum.

Ketika melaksanakan sesuatu program atau kebijakan menurutnya pasti ada aturan-aturan yang akan memandu, maka aturan itulah yang akan menjadi pegangan. Jika ada sesuatu yang menghambat aturan itu mungkin akan diselesaikan dengan cara kompromi atau ditempuh melalui suatu kebijaksanaan.

“Inilah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tarakan untuk mengatasi polemik pengangkatan calon kepala sekolah yang sudah dilantik pada hari ini (kemarin),” kata Legan Imang yang termasuk vokal menyoroti rekrutmen calon kepala sekolah beberapa waktu lalu.

Legan berharap, apa pun yang sudah terjadi, semua elemen guru dan kepala sekolah dapat bersama-sama mengamankan kebijaksanaan yang telah diambil pemerintah kota agar pembangunan pendidikan akan menjadi sebuah program prioritas bagi seluruh masyarakat.

“Ambil contoh saja Universitas Borneo Tarakan, sebagian mahasiswanya adalah berasal dari wilayah sekitar Tarakan. Harapan kita ke depannya tidak hanya Universitas Borneo yang akan jadi barometer, tapi sekolah tingkat TK sampai SLTA akan bisa berpacu sehingga menjadi sekolah unggulan dan menjadi percontohan bagi wilayah-wilayah di sekitar Kota Tarakan,” saran Legan.(jnu)

Sumber : radartarakan (7 Oktober 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com