Rabu, 05 Oktober 2011

Laporan Dianggap Tak Sesuai Kenyataan

. Rabu, 05 Oktober 2011

Komisi III akan Pertajam Evaluasi Lewat Paparan

TARAKAN – Anggota dewan mempertanyakan laporan mengenai progress pembangunan jalan tembus Karungan dan Tanjung Batu-Tanjung Pasir yang dinilai tidak sesuai dengan realisasi di lapangan. Hal tersebut terungkap dalam kunjungan kemarin (4/10).

Menurut anggota Komisi III DPRD Tarakan, Gunawan Wibisono, proyek jalan tembus tersebut mendapat perhatian anggota dewan karena menyedot anggaran yang tidak sedikit. Proyek tahun jamak (multiyears) ini bakal menelan Rp 39 miliar.

Dikatakan Gunawan, informasi yang diperoleh dewan, realisasi pembangunan telah mencapai 90 persen. “Makanya kami kroscek ke lapangan, apakah benar laporan tersebut,” terangnya.

Sempat terjadi perbedaan persepsi antara DPRD dengan pihak konsultan, kontraktor, serta Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang yang juga ikut turun langsung ke lapangan. Sebab laporan realisasi mencapai 90 persen, tidak demikian dalam kenyataan di lapangan.

Sehingga kata Gunawan, untuk mengetahui seperti apa kontrak kerja yang wajib dilaksanakan oleh pihak kontraktor, dalam waktu dekat akan mengundang pihak-pihak yang bersangkutan untuk paparan dengan komisi III DPRD.

“Sesuai laporan mereka kan 90 persen terealisasi, tapi progresnya sampai dimana tidak disertai dengan data apa saja yang telah terlaksana. Makanya, kita minta laporannya dan dipaparkan nanti yang Insya Allah akan dilaksanakan pada pekan depan,” ujarnya.

Selain itu, masyarakat setempat juga menganggap bahwa pembangunan jalan ini proses finisingnya sampai pada pengerasan atau pengaspalan. Hal ini juga yang akan dicermati dewan. Saat kunjungan kemarin, kondisi jalan sepanjang kurang lebih 4,1 kilometer tersebut juga sebagian besar atau hampir keseluruhan telah diagregat, meskipun masih ada beberapa titik yang masih becek karena habis diguyur hujan. “Selain itu kita juga akan mengevaluasi tentang pengerjaan siring dan drainase karena satu peket,” tambah Gunawan menjelaskan.

Meskipun masih banyak becek, tapi jalan Karungan-Tanjung Batu tersebut sudah on the track atau dapat dilalui. Sebelumnya, jalan ini sulit dilalui oleh masyarakat menggunakan kendaraan bermotor. Target selesai pengerjaan jalan ini sesuai kontrak pada time schedule sampai pada Maret 2012 nanti menggunakan anggaran dari APBD Kota Tarakan.

Gunawan berharap apa yang dikerjakan oleh pihak kontraktor ini sesuai dengan kontrak yang telah disepakati dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

“Selama ini kita belum lihat target yang dibuat, kalau memang hanya pengerasan dan agregat, saat ini ya memang sesuai, tapi kalau final produk akhir harus diaspal berarti ya bermasalah. Makanya akan dipanggil untuk duduk satu meja supaya jelas semua,” tegasnya. (jnu)

Sumber : radartarakan (5 Oktober 2011)

Entri Populer

Label

 

Link Banner

Total Tayangan Laman

Sahabat Tarakan

Tarakan Borneo Lovers is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com